PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN, FAKTOR SOSIAL DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI TERHADAP PEMANFAATAN CATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN (CALK) OLEH PENGGUNA LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH

Rais, Febrianto Romdhoni and Fitri, Laela Wijayati, S.E., M.Si (2017) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN, FAKTOR SOSIAL DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI TERHADAP PEMANFAATAN CATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN (CALK) OLEH PENGGUNA LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
RAIS FEBRIANTO ROMDHONI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan Catatan Atas Laporan Keuangan kepada para pemimpin, pengawas, atau instansi pemerintah agar memiliki fungsi keputusan yang baik dari pemerintah untuk mendapatkan hasil yang valid, sehingga penelitian ini menggunakan empat variabel independen seperti,tingkat pendidikan, pengalaman, faktor sosial dan pengetahuan akuntansi Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah SKPD, Inspektorat dan DPRD di Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan teknik purposive sampling diperoleh 45 sampel perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa, pertama tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap pemanfaatan catatan atas laporan keuangan, kedua, pengalaman tidak berpengaruh signifikan terhadap pemanfaatan catatan atas laporan keuangan, ketiga faktor sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap pemanfaatan catatan atas laporan keuangan, dan keempat pengetahuan akuntansi berpengaruh signifikan terhadap pemanfaatan catatan atas laporan keuangan. Kata kunci: Tingkat Pendidikan, Pengalaman, Faktor Sosial, Pengetahuan Akuntansi, dan Pemanfaatan Catatan atas Laporan Keuangan (CALK). This research aimed to test the use of Notes to Financial Statements for the leaders, supervisors, or government agencies to get a good decision of the government to obtain the valid results. This research using four independent variables such as level of education, experience, social factors and accounting knowledge. The method used quantitative research methods. The population of this research is SKPD, the Inspectorate and the Parliament in Kabupaten Sukoharjo. Based on purposive sampling technique obtained 45 samples of the institutions. The analytical method used is multiple linear regression analysis. The results showed that, the first level of education had a significant effect on the utilization of the notes to the financial statements. Secondly, the experience had no significant effect on the utilization of the financial statements; the third, social factors had no significant effect to the utilization of the notes to the financial statements, and the fourth, accounting knowledge had a significant effect on the utilization of the financial statements. Keywords: Level of Education, Experience, Social Factors, Accounting Knowledge and The Utilization of Notes to Financial Statements (CaLK).

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 04 Aug 2017 01:06
Last Modified: 04 Aug 2017 01:06
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item