MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA TAHUN 2016

Radiyan, Yogatama and Drs, H. Suparmin, M.Pd (2017) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA TAHUN 2016. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Radiyan Yogatama.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah terdapat beberapa faktor yang sangat mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut adalah adanya sarana dan prasarana pendidikan yang merupakan bagian penting dari sebuah lembaga pendidikan. Oleh karena itu diharapkan kepada semua sekolah agar mengelola sarana dan prasarana pendidikan yang baik yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang baik, maka semua fasilitas pendidikan selalu kondisi siap pakai pada saat dibutuhkan, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan efisien dan tercapailah tujuan pendidikan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di Smk Muhammadiyah 3 Surakarta. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan informannya yaitu waka sarana dan prasarana serta guru di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Data yang dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model interaktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah tentang pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Kegiatan manajemen tersebut dilakukan melalui 6 tahap, yaitu: (1) Perencanaan sarana dan prasarana, dalam proses ini harus dilakukan dengan cermat dan teliti baik yang berkaitan dengan karakteristik sarana dan prasarana yang dibutuhkan. (2) pengadaan sarana dan prasarana, untuk pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan harus menunggu persetujuan dari kepala sekolah. (3) inventarisasi sarana dan prasarana, kegiatan inventarisasi ini dilakukan setiap satu semester sekali. (4) pemeliharaan dan pengawasan sarana dan prasarana, dilakukan apabila barang atau peralatan tersebut bisa diperbaiki atau sudah tidak bisa diperbaiki maka akan dimasukkan dalam gudang. (5) penghapusan sarana dan prasarana, proses penghapusan jarang dilakukan. (6) evaluasi sarana dan prasarana, kegiatan ini dilakukan setiap satu semester sekali dan dilaporkan setiap satu tahun sekali. Keywords: Education Facilities and Infrastructure Management In improving the quality of teaching in schools, there are several factors that are influencing it. One such factor is the presence of educational facilities is an important part of an educational institution. Therefore expected to all schools in order to manage the educational facilities are either in accordance with the standards set by the government. With the management of educational facilities is good, then all educational facilities are always ready to use when needed, so that the learning process can run effectively and efficiently and was reached educational purposes. The research aimed to determine the educational facilities and infrastructure management in improving the quality of learning in SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. The approach used in this research is descriptive qualitative. Setting this study conducted in SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. The subjects were school principals and their informants that waka of infrastructure and teachers at SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Data collected by observation, interview and documentation. The validity of the data using triangulation. The data were analyzed using an interactive model through the stages of data reduction, data presentation, and conclusion. The result of this research is about the implementation of infrastructure and facilities management in improving the quality of learning in SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. The management activities conducted through six stages, namely: (1) Planning of facilities and infrastructure, in this process must be done carefully and thoroughly both with regard to the characteristics of the facilities and infrastructure required. (2) the provision of facilities and infrastructure, for the provision of facilities and infrastructure required must wait for approval from the principal. (3) an inventory of facilities and infrastructure, the forest inventory conducted once every semester. (4) maintenance and supervision of infrastructure, carried out if the goods or the equipment can be repaired or is already beyond repair then it will be included in the warehouse. (5) elimination of facilities and infrastructure, the removal process is rarely done. (6) evaluation of facilities and infrastructure, the activity is performed once every semester and reported annually.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 04 Aug 2017 01:06
Last Modified: 04 Aug 2017 01:06
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item