PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISLAM GROBAGAN SERENGAN SURAKARTA

Putri, Fransiska and Dra., Hj. Noor Alwiyah, M.Pd (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISLAM GROBAGAN SERENGAN SURAKARTA. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Putri Fransiska.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an, Madrasah Ibtidaiyah Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Grobagan Serengan Surakarta merupakan lembaga pendidikan sekolah yang berada di Surakarta yang bercirikan dan bernafaskan Islam dalam mencetak generasi yang unggul di bidang agama dan memiliki program unggulan dalam rangka meningkatkan kecintaan anak pada ajaran agama terutama Al-Qur‟an yakni Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Tetapi dalam pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pahalanya banyak akan tetapi tidak dilakukan, banyak madrasah yang menekan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an akan tetapi minat siswa untuk menjadi penghafal Al-Qur‟an sangatlah jarang dan banyak sekolah yang melaksanakan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an tidak memenuhi target akan tetapi siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Grobagan Serengan Surakarta memenuhi target. Sehingga apa yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz AlQur’an di MI Al-Islam Grobagan Serengan Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2016 sampai dengan Desember 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Grobagan Serengan Surakarta, sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru Kelas, Guru Mata Pelajaran Umum serta Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data dan metode. Data yang terkumpul dianalisa dengan analisis interaktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Grobagan Serengan Surakarta, maka mrenggunakan sistem pembelajaran yang terdiri dari: Tujuan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Grobagan Serengan melaksanakan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an tersebut memiliki tujuan yaitu agar siswa hafal juz ke-30 (juz „amma), materi yang digunakan yaitu juz ke 30 dari surat An-Naba‟ sampai dengan surat Annas. Metode yang digunakan yaitu metode talaqqi, metode drill, metode penugasan dan metode setoran serta evaluasi yang dilakukan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) Tahfidz Al-Qur’an siswa menyetorkan hafalan sesuai target yang ada dimasing-masing kelas. Keywords : Instruction Tahfidz Qur'an, Madrasah Ibtidaiyah Madrasah al-Islam Grobagan Serengan Surakarta school is an educational institution located in Surakarta were characterized and Islam breath in print superior generation in the field of religion and has excellent programs in order to increase the love of children on religious teachings of the Qur'an, especially the Instruction Tahfidz Al-Qur'an. But in the implementation of the Instruction Tahfidz Qur'an reward, but many do not, many madrasas pressing Tahfidz program Qur'an but motivate students to become memorizers of Qur'an were rare and more schools are implementing the Instruction Tahfidz Al -Qur'an not meet the target but Islamic Elementary School students Grobagan Serengan Al-Islam Surakarta meet the target. So what is the purpose of this study is to describe the implementation of the Instruction Tahfidz Qur'an in MI Al-Islam Grobagan Serengan Surakarta. This study used descriptive qualitative method. The study was conducted in July 2016 to December 2016. The subjects in this study were teachers Tahfidz Qur'an in Islamic elementary schools Al-Islam Grobagan Serengan Surakarta, while becoming informants in this study are Principals, Teachers Classes, Teachers General lessons and students. The technique of collecting data using several methods such as observation, interviews and documentation. The technique of the validity of the data used is the triangulation of data and methods. The data were analyzed by interactive analysis through data reduction, data presentation, and conclusion or verification. From the results of this study show that in the Instruction Implementation Tahfidz Qur'an in Islamic elementary schools Al-Islam Grobagan Serengan Surakarta then use a learning system that consists of: learning objectives Tahfidz Qur’anat Al-Islam Madrasah Grobagan Serengan Surakarta implementinglearning Qur‟an Tahfidz the aim is to enable student to memorize Juz-30 (Juz „Amma), the materials used are all 30 juz of the letter An-Naba‟ letter to Annas. Teachers use the talaqqi methods, methods drill, assignment method, the method of deposit and evaluation of teaching (Teaching and Learning) Tahfidz Qur'an memorization students depositing appropriate existing targets in the respective classes.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 04 Aug 2017 01:06
Last Modified: 04 Aug 2017 01:06
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item