PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIDAYAH MIRI, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Putra, Nursceto Mahardeka and Syamsul, Huda Rohmadi, M.Ag (2017) PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIDAYAH MIRI, SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Putra Nurceto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Pembentukan Kepribadian Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu lembaga Pendidikan Islam di Indonesia mempunyai peran yang sangat penting untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Tujuannya adalah untuk mencetak generasi penerus yang Islami dan berahklak mulia, serta membekali peserta didik dengan pengetahuan agama yang kuat di era globalisasi ini. Menghadapi perubahan kemajuan zaman yang sangat cepat, maka Madrasah Ibtidaiyah Al hidayah dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan. Salah satu caranya adalah dengan membentuk kepribadian sesuai syariat ajaran agama Islam melalui pembelajaran akidah akhlak. Adapun tujuannya untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Kepribadian di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah, Miri, Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah, Dusun Bagor Kecamatan Miri Kabupaten Sragen mulai bulan Febuari sampai Maret 2015. Subyek penelitiaanya adalah Guru Akidah Akhlak sedangkan Informan penelitiannya adalah Kepala Sekolah dan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al hidayah, Dusun Bagor Kecamatan Miri Kabupaten Sragen. Proses pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Proses analisa datanya menggunakan teknis analisis kualitatif. Langkah yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Pembentukan kepribadian dilakukan dengan memotivasi dan memberi contoh konkrit kepada peserta didik yang disesuaikan dengan kemampuana siswa, guru dituntut untuk lebih mencurahkan perhatiannya pada pengembangan kesadaran akan harga diri, guru tidak hanya mengarahkan peserta didik mempelajari materi ilmiah saja tetapi pengembangan sikap harus mendapat perhatian, guru juga harus lebih menekankan pada penanaman nilai-nilai dalam diri siswa, selain itu guru juga selalu memantau siswa di lingkungan sekolah dan memperhatikan perubahan sikap dari masing- masing siswa. Sebelum mengajar guru juga membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran dari membuat rencana pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan silabus, menentukan indikator dan materi pokok pelajaran yang menyesuaikan dengan potensi sekolah dan minat siswa, menggunakan metode dan pendekatan yang disesuaikan materi bahasan dan minat peserta didik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Jul 2017 02:21
Last Modified: 26 Jul 2017 02:21
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item View Item