NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM LAGU PADAMU KU BERSUJUD KARYA BEBI ROMEO DI POPULERKAN OLEH AFGHAN SYAHREZA TAHUN 2010

Nugraheni, Puspitasari and Prof. Drs., H. Rohmat, M.Pd., Ph.D. (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM LAGU PADAMU KU BERSUJUD KARYA BEBI ROMEO DI POPULERKAN OLEH AFGHAN SYAHREZA TAHUN 2010. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Nugraheni Puspitasari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Nilai-nilai, Pendidikan Islam, Lagu Padamu Ku Bersujud Karya Bebi Romeo Di Populerkan Oleh Afghan Syahreza Penelitian ini dilatar belakangi oleh kehidupan zaman modern seperti sekarang ini yang semakin kurang akan nilai-nilai spiritual keagamaan. Sumber pendidikan Islam tidak hanya didapat dari pendidik saja, namun juga dari media pendidikan baik cetak maupun elektronik mempunyai peranan yang sangat penting. Musik adalah salah satu media pendidikan yang banyak di minati, sehingga banyak orang yang saat ini hobinya adalah mendengarkan musik atau lagu. Akan tetapi, para pencipta lagu cenderung memakai cerita dan masalah percintaan dalam syair-syair lagu mereka, sehingga jauh dari nilai agama dan moral. Kemudian hadirlah Lagu Padamu Ku Bersujud Karya Bebi Romeo Di Populerkan Oleh Afghan Syahreza tahun 2010, dengan nuansa lslam dan syarat dengan nilai pendidikan. Untuk itu ditelitilah nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Lagu Pada-Mu Ku Bersujud Karya Bebi Romeo Di Populerkan Oleh Afghan Syahreza tahun 2010. Permasalahan dalam penilitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam apa yang terkandung dalam lirik lagu pada-Mu ku bersujud karya Bebi Romeo. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung didalam lirik lagu pada-Mu ku bersujud karya Bebi Romeo. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka atau library research, dengan mengambil objek syair Lagu Padamu Ku Bersujud Karya Bebi Romeo Di Populerkan Oleh Afghan Syahreza Tahun 2010, dan sasarannya adalah orang tua, pendidik, peserta didik, para pekerja seni khususnya komposer (pencipta lagu), dan masyarakat pada umumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Sumber data menggunakan sumber primer yaitu teks lirik lagu religi pada-Mu ku bersujud karya Bebi Romeo yang dipopulerkan oleh Afghan Syahreza, dan sumber sekunder yaitu buku-buku referensi. Analisis data dilakukan dengan mengunakan analisis deskriptif dan analisis isi (Content Analysis) yaitu mendeskripsikan lagu, kemudian dari hasil analisis tersebut ditafsirkan tentang nilai pendidikan Islam yang terkandung didalamnya. Dari hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa dalam syair Lagu Padamu Ku Bersujud Karya Bebi Romeo Di Populerkan Oleh Afghan Syahreza Tahun 2010 terdapat nilai-nilai pendidikan Islam diantaranya adalah nilai i’tiqodiyyah, nilai ‘amaliyyah, nilai khuluqiyyah. Nilai i’tiqodiyyah meliputi percaya adanya Allah SWT dan hanya Dia-lah satu-satunya dzat yang maha penolong hamba-Nya, serta mengakui ke-Esaan Allah SWT. Nilai „amaliyyah yaitu tentang ibadah dalam bentuk lisan (berdo‟a). Nilai khuluqiyyah meliputi akhlak kepada Allah yaitu bertaqwa kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Jul 2017 02:20
Last Modified: 26 Jul 2017 02:20
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item