STRATEGI PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK DI DALAM KELUARGA BERPROFESI PEDAGANG DI DESA MELIKAN KECAMATAN WEDI KABUPATEN KLATEN

Nasruddin, Abdulloh and Hj., Hafidah, S.Ag., M.Ag (2017) STRATEGI PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK DI DALAM KELUARGA BERPROFESI PEDAGANG DI DESA MELIKAN KECAMATAN WEDI KABUPATEN KLATEN. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Nasruddin Abdullah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Strategi, Pendidikan Akhlak, Anak, Keluarga Latar belakang penelitian ini didasarkan pada realita yang terjadi di Desa Melikan Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten, terjadi kurangnya perhatian orang tua dalam mendidik anaknya. Faktor penyebabnya adalah orang tua yang sibuk bekerja sehingga anak memiliki akhlak yang kurang baik. Namun ada beberapa dari keluarga pedagang yang memiliki kesibukan pekerjaan, masih sempat mendidik anaknya dan mempunyai akhlak yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pendidikan akhlak pada anak di dalam keluarga berprofesi pedagang di Desa Melikan Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dilaksanakan di Desa Melikan Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten, pada bulan Agustus 2016 samapai dengan Desember 2016. Subyeknya adalah orang tua dan anak. Informannya adalah tokoh masyarakat. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi data. Analisis data yang digunakan adalah dengan analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak Di Dalam Keluarga Berprofesi Pedagang dilakukan beberapa hal antara lain dengan: anak diajarkan yang mudah diterima dan difahami. Suri teladan, memberi contoh berperilaku baik. Pembinaan, diharapkan dapat menerapkan nasehat yang diberikan. Pembiasaan, anak dibiasakan untuk berperilaku baik. Pengawasan, mengawasi perbuatan anak namun tidak mengekangnya. Mencari teman yang baik. Memberi peringatan dan hukuman bila anak melakukan kesalahan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 25 Jul 2017 06:14
Last Modified: 25 Jul 2017 06:14
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item