PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN JAMIYATUL QURRO’ AL- FUTHUHIYYAH AS- SALAFIYYAH SUKOREJO DESA SEMPU KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI

Muhammad, Abdullah Rosidi and H., Abu Choir, M.A (2017) PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN JAMIYATUL QURRO’ AL- FUTHUHIYYAH AS- SALAFIYYAH SUKOREJO DESA SEMPU KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Moh Abdullah rosidi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Pemimpin, Mutu Pendidikan, Pondok Pesantren Peran seorang pemimpin dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh kreatifitas yang ada dalam diri seorang pemimpin, yakni kemampuan untuk mentransformasikan ide dan imajinasi serta keinginan- keinginan besar menjadi kenyataan. Untuk menjadi orang kreatif, seorang pemimpin harus memiliki imajinasi, harus memiliki kekuatan ide melahirkan sesuatu yang belum ada sebelumnya, kemudian seorang pemimpin juga harus berusaha mencari cara bagaimana ide-ide tersebut diturunkan menjadi sebuah kenyataan. Tujuan penelitian ini yaitu mengatahui peran pemimpin dalam meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Jam’iyyatul Quro’ al- Futuhiyyah as-Salafiyyah Sukorejo Desa Sempu Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali. Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu menggambarkan atau memaparkan data-data yang berhubungan dengan peran pemimpin dalam meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Jam’iyyatul Quro’ al-Futuhiyyah as-Salafiyyah Sukorejo Desa Sempu Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali. Subyek penelitian ini adalah Kyai, Santri dan Ustadz serta Ustadzah, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah orang tua santri serta pengasuh/komite Pondok Pesantren. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan pengamatan terus menerus dan trianggulasi. Sedangkan tekhnik analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemimpin mempunyai strategi khusus yaitu strategi seorang pemimpin dalam meningkatkan mutu input pendidikan dan strategi seorang pemimpin dalam meningkatkan mutu output pendidikan.. Peran pemimpin di Pondok Pesantren Jam’iyyatul Quro’ Al- Futuhiyyah As- Salafiyyah Sukorejo Desa Sempu Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali dapat dikategorikan baik. Hal tersebut terlihat dari gedung dan sarana dan prasarana yang lainnya yang sudah memadai. Dalam proses pembelajarannya pondok pesantren ini menggunakan kitab kuning dan diampu oleh tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:05
Last Modified: 25 Jul 2017 04:05
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item