PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SD LAZUARDI KAMILA GLOBAL ISLAMIC SCHOOL ( GIS ) SURAKARTA

Muhammad, Arifin and Dr., Muhammad Munadi, M.Pd (2017) PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SD LAZUARDI KAMILA GLOBAL ISLAMIC SCHOOL ( GIS ) SURAKARTA. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad arifin.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Kecerdasan Interpersonal Pendidikan merupakan suatu usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi – potensi pembawaan, baik jasmani maupun rohani. Pendidikan memiliki makna yang berbeda dengan pengajaran. Untuk menopang pendidikan siswa tersebut, berbagai upaya dilakukan agar mereka mendapatkan pendidikan yang sebaik – baiknya. Pengembangan kecerdasan interpersonal siswa perlu untuk dimasukkan dalam proses belajar mengajar. Dan pengembangan kecerdasan ini, harus diperkenalkan pada para siswa untuk menghasilkan sumber daya yang bermutu sesuai dengan tujuan pendidikan. Menyadari pentingnya pengembangan kecerdasan interpersonal untuk ditanamkan pada siswa baik untuk siswa normal maupun ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), maka lembaga pendidikan Lazuardi Kamila – GIS Surakarta berusaha untuk memasukkan kecerdasan interpersonal sejak Pra-TK sampai SMP. Tujaun dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan kecerdasan interpersonal pada lembaga inklusi di kelas 4A SD Lazuardi Kamila GIS Surakarta beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SD Lazuardi Kamila-GIS Surakarta, pada bulan November 2015 sampai Januari 2016. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran kelas 4A. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah dan siswa – siswi kelas 4A SD Lazuardi Kamila- GIS Surakarta. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk melihat keabsahan data digunakan triangulasi sumber data dan metode. Data yang terkumpul dianalisa dengan model interaktif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan kecerdasan interpersonal siswa pada lembaga inklusi di SD Lazuardi Kamila-GIS Surakarta adalah Pembuatan perencanaan pembelajaran berupa Silabus dan RPP, dalam proses belajar mengajar guru menggunakan metode, strategi dan media yang relevan dan dapat mengembangkan kecerdasan – kecerdasan yang dimiliki siswanya khususnya kecerdasan interpersonal siswa. Penggunaan metode, strategi dan media yang digunakan cukup baik dan dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa dalam proses belajar mengajar. Faktor pendukung dalam pengembangan kecerdasan interpersonal siswa di SD Lazuardi Kamila-GIS Surakarta adalah adanya program inklusi dan kreativitas guru. Sedangkan faktor penghambat dalam pengembangan kecerdasan interpersonal siswa di SD Lazuardi Kamila-GIS Surakarta adalah rendahnya kepekaan sosial dan adanya perbedaan persepsi antara orang tua dengan guru / sekolah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:05
Last Modified: 25 Jul 2017 04:05
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item View Item