PROSES PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QUR’AN IBU-IBU RUMAH TANGGA di MASJID BAITUL HIKMAH DUKUH TLANGU BULAN WONOSARI KLATEN

Kusnul, Chotimah and Dr., Khuriyah, S.Ag., M.Pd. (2017) PROSES PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QUR’AN IBU-IBU RUMAH TANGGA di MASJID BAITUL HIKMAH DUKUH TLANGU BULAN WONOSARI KLATEN. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Kusnul Chotimah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran, Tahsin Alquran, Ibu-ibu Rumah Tangga Pada zaman sekarang banyak Ibu-ibu yang tidak bisa membaca Alquran dengan baik dan benar, melihat hal tersebut diperlukan pembelajaran membaca Alquran yang praktis, efektif dan efisien, serta dapat mengantarkan Ibu-ibu membaca Alquran dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran tahsin Alquran Ibu-ibu rumah tangga Dukuh Tlangu Bulan Wonosari Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, waktu penelitian pembelajaran tahsin Alquran Dukuh Tlangu Bulan Wonosari Klaten dilaksanakan pada bulan April 2016 sampai Januari 2017. Subyek penelitiannya adalah Ustadz dan Ibu-ibu rumah tangga peserta pembelajaran tahsin, Informannya adalah takmir masjid. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Sedangkan teknik analisa data dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Setelah melakukan penelitian mengenai proses pembelajaran tahsin Alquran Ibu-ibu rumah tangga di Masjid Baitul Hikmah Dukuh Tlangu Bulan Wonosari Klaten, diperoleh kesimpulan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran tahsin Alquran dilakukan dengan cara sebagai berikut: (1) Tahap persiapan, peserta menyiapkan peralatan meja lipat, Alquran, buku panduan, dan buku prestasi santri, (2) Tahap inti pembelajaran, pengucapan makhorijul huruf dari اَ sampai secara urut di setiap pertemuan dengan metode Talaqqi untuk melatih lidah peserta tahsin agar tidak kaku dan membaca satu ayat Alquran menggunakan irama dengan di simak oleh ustadz, (3) Tahap evaluasi, komentar dari ustadz kepada peserta tahsin menggunakan ceramah mengenai kesalahan yang harus diperbaiki oleh peserta berkaitan dengan pengucapan makhorijul huruf dengan benar, memperhatikan hukum tajwid, dan irama saat membaca Alquran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:05
Last Modified: 25 Jul 2017 04:05
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item