PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, REVIEW BEAUTY VLOGGER, DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE DECISION (Studi pada Pengguna Lipstick Wardah di Kota Surakarta)

PARWATI, MEI and Prastiwi, Septi Kurnia (2023) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, REVIEW BEAUTY VLOGGER, DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE DECISION (Studi pada Pengguna Lipstick Wardah di Kota Surakarta). Skripsi thesis, UIN RADEN MAS SAID.

[img] Text
SKRIPSI MEI PARWATI (195211253).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh social media marketing, review beauty vlogger, dan brand image terhadap purchase decision produk lipstick Wardah. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna lipstick Wardah Kota Surakarta, wanita berusia 18-24 tahun. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengumpulan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah purchase decision. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi : social media marketing (X1), review beauty vlogger (X2), dan brand image (X3). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, uji ketepatan model, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, review beauty vlogger berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision. Dapat disimpulkan bahwa social media marketing, review beauty vlogger, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision. Hasil ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil uji koefisien determinasi, dan didapatkan hasil sebesar 0,667 atau 66,7%. Kata kunci : social media marketing, review beauty vlogger, brand image, purchase decision

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Syariah
Depositing User: Muhammad Suwardi Abdullah
Date Deposited: 10 May 2023 05:30
Last Modified: 10 May 2023 05:30
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/5875

Actions (login required)

View Item View Item