STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI IPS 1 (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 5 KARANGANYAR, JATEN, KARANGANYAR) TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Himawan, Puput Raharjo and Yayan, Andrian, S.Ag., M.Ed.Mgmt (2017) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI IPS 1 (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 5 KARANGANYAR, JATEN, KARANGANYAR) TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Himawan Puput Raharjo.pdf

Download (932kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Guru PAI, Kedisiplinan, Siswa Masalah dalam penelitian ini adalah strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar yang dilihat dari strateginya meliputi memberikan pujian bagi siswa yang disiplin, sosialisasi kedisiplinan, pembinaan secara halus, memberikan hukuman bagi siswa yang tidak disiplin berupa menulis surat pernyataan sebanyak seratus kali, pembuatan jadwal tabel sholat, memberikan contoh berpenampilan yang rapi, memeriksa kelengkapan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi yang digunakan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar terutama kelas XI IPS 1. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar pada bulan Oktober 2016-januari 2017. Subjek penelitian adalah guru PAI. Sedangkan informannya adalah kepala sekolah, teman sejawat guru, siswa kelas XI IPS 1. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dilihat keabsahannya dengan teknik triangulasi data dan triangulasi sumber. Kemudian dianalisis menggunakan analisis model interaksi dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 18 Jul 2017 07:57
Last Modified: 18 Jul 2017 07:57
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item View Item