IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA DI KAWASAN OBYEK WISATA PEMANDIAN AIR PANAS BAYANAN DESA JAMBEYAN KECAMATAN SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN

Gita, Permata Sari and Syamsul, Huda Rohmadi, M.Ag (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA DI KAWASAN OBYEK WISATA PEMANDIAN AIR PANAS BAYANAN DESA JAMBEYAN KECAMATAN SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Gita Permata.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Pendidikan Islam, Keluarga. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran orangtua yang terjadi di kawasan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Bayanan karena pengaruh lingkungan sekitar sangat mempengaruhi pendidikan anak dalam keluarga. Maka dari itu, sebagai oorangtua hendaknya mempunyai dan melakukan berbagai metode dalam penerapan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan Islam dalam keluarga di kawasan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Bayanan Desa Jambeyan Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dilaksanakan dikawasa Obyek Wisata Pemandian Air Panas Bayanan Desa Jambeyan Kabupaten Sragen, kurang lebih selama sepuluh bulan yaitu dari bulan April sampai bulan Januari. Subjek penelitian ini adalah orang tua dan anak dalam keluarga. Sedangkan yang menjadi informan adalah Kepala Desa, Ketua RT, dan masyarakat. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Untuk analisis data menggunakan analisis interaktif, dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Implementasi Pendidikan Islam Dalam Keluarga dilaksanakan pada setiap keluarga dengan tujuan agar anak memiliki bekal ilmu agama yang kuat sebagai bekal berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang berpengaruh negatif. Materi pendidikan dalam keluarga meliputi pendidika akidah, pendidikan ibadah, pendidikan akhlak, dan pendidika pokok-pokok ajaran Islam. Dalam menerapkan pendidikan dalam keluarga menggunakan beberapa metode yang berbeda, seperti metode pembiasaan, metode latihan, metode keteladanan. Metode keteladanan sangat berperan karena dengan melihat secara langsung hal yang dilakukan orangtua akan memudahkan anak dalam mencontoh. Metode hukuman juga dilakukan apabila seorang anak melakukan kesalahan yang fatal dan dilakukan berulang kali. Namun hukuman yang dilakukan bukan berupa kekerasan fisik, melainkan hukuman berupa mendidik, seperti tidak diperbolehkan pergi dari rumah dan tidak diberikan uang jajan selama beberapa hari.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 18 Jul 2017 07:57
Last Modified: 18 Jul 2017 07:57
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item View Item