PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI STRATEGI TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH MIRI KECAMATAN NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Fauzan, Karim and Dr., Imam Makruf, S.Ag,.M.Pd. (2017) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI STRATEGI TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH MIRI KECAMATAN NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Fauzan Karim.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Keaktifan Siswa, Pembelajaran Fiqih dan Strategi Pembelajaran Team assisted Individualization Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai apakah penerapan metode Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Fiqih di kelas IV MI Muhammadiyah Miri? Dimana pengunaan metode-metode lama dalam pembelajaran, tidak maksimal dalam melibatkan keaktifan siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas IV MI Muhammadiyah Miri dalam proses pembelajaran Fiqih pokok bahasan Sholat Idhain melalui penerapan metode Team Assisted Individualization (TAI). Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 siklus yang mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Miri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali sebanyak 20 siswa dan subyek yang melakukan tindakan adalah Guru Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV. Penelitian berlangsung dari bulan November 2016 sampai dengan bulan Januari 2017 di MI Muhammadiyah Miri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis data. Dari hasil analisis diperoleh bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan sebelum tindakan sebesar 25% (5 anak) menjadi 55% (11 anak) pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 75% (15anak). Pada awal siklus terdapat beberapa kelemahan dalam proses pembelajaran, tetapi setelah diadakan refleksi dan perbaikan maka proses pembelajaran pada siklus II dapat mencapai keberhasilan sesuai target yang diharapkan. Jadi semua indikator kinerja telah tercapai, maka hipotesis tindakan yang berbunyi “Bahwa melalui stategi pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas IV MI Muhammadiyah Miri tahun pelajaran 2016/2017” telah terbukti.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:52
Last Modified: 11 Jul 2017 02:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item