UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI ANAK ASUH MELALUI MADRASAH DINIYAH DI PANTI ASUHAN PUTRI YAYASAN HJ. DIAH KUSUMASARI SANTOSA SAPEN MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Faatihah, Putri Rachmawati and Dr. Hj., Khoiriyah, M.Ag (2017) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI ANAK ASUH MELALUI MADRASAH DINIYAH DI PANTI ASUHAN PUTRI YAYASAN HJ. DIAH KUSUMASARI SANTOSA SAPEN MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Fatihah.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Pembentukan Karakter Islami, Madrasah Diniyah Permasalahan dalam penelitian ini adalah membentuk karakter anak asuh tidak dapat dilakukan secara instant. Akan tetapi membutuhkan proses secara kontinuitas (terus-menerus) dengan berbagai kegiatan karena dalam proses pembentukan karakter Islami haruslah berorientasi pada internalisasi nilai karakter. Karena buruknya karakter seseorang akan berdampak buruk juga pada perilakunya sehingga mempengaruhi nilai-nilai positif pada dirinya, lingkungan, masyarakat, dan Negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya pembentukan karakter Islami anak asuh melalui madrasah diniyah di Panti Asuhan Putri Yayasan Hj. Diah Kusumasari Santosa Sapen, Mojolaban, Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang dilakukan di Panti Asuhan Putri Yayasan Hj. Diah Kusumasari Santosa, Sapen, Mojolaban, Sukoharjo pada bulan April 2016-Januari 2017. Subjek penelitian ini yaitu ustadz/ustadzah Madrasah Diniyah dan anak asuh. Informan Kepala Panti Asuhan, Pengurus Panti Asuhan, Masyarakat sekitar Panti Asuhan. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode, selanjutnya dinalisis dengan model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan dalam membentuk karakter Islami anak asuh melalui madrasah diniyah adalah dengan cara: 1) Mengoptimalkan seluruh kegiatan dan program penunjang dalam membentuk akhlak Islami anak asuh di Madrasah Diniyah, terdapat langkah penanaman karakter anak asuh yaitu dengan memberikan keteladanan, memberikan pembiasaan, memberikan nasehat dan hukuman. 2) Menciptakan suasana lingkungan madrasah diniyah yang kondusif dalam menumbuhkan akhlak Islami anak asuh, yaitu upaya untuk menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan sehingga dapat terbentuk karakter Islami cinta kepada Allah SWT dan kepedulian. 3) Menciptakan hubungan yang baik antara ustadz/ustadzah selaku pengasuh, anak asuh dan masyarakat sekitar yaitu upaya untuk mengontrol akhlak Islami anak asuh dalam pergaulannya, sehingga tercipta karakter Islami kemandirian dan tanggung jawab, baik dan rendah hati, kejujuran/amanah dan bijaksana.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:52
Last Modified: 11 Jul 2017 02:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/572

Actions (login required)

View Item View Item