KONSEP PENDIDIKAN INKLUSIF MENURUT PERMENDIKNAS RI NOMOR 70 TAHUN 2009 DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Faqih, Annisa and Dr., Toto Suharto, S.Ag., M.Ag (2017) KONSEP PENDIDIKAN INKLUSIF MENURUT PERMENDIKNAS RI NOMOR 70 TAHUN 2009 DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Faqih Annisa.pdf

Download (848kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Permendiknas RI Nomor 70 Tahun 2009, Konsep Pendidikan Inklusif Konsep pendidikan inklusif adalah pendidikan untuk semua, menurut Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan / atau bakat istimewa, Pasal 1 bahwa : Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Namun pendidikan inklusif di Indonesia ternyata tidak hanya dilandasi oleh landasan filosofis yang merupakan cerminan dari bentuk kepedulian terhadap anak berkebutuhan khusus. Namun juga dilandasi oleh landasan religius. Demikian halnya ada banyak ayat Alqur‘an yang menjelaskan landasan religius dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif. Kajian utama di dalam skripsi ini adalah melihat bagaimana Islam memandang hal tersebut berdasarkan Alqur‘an. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan menggunakan metode tafsir maudhu‘i yang menghimpun seluruh ayat Alqur‘an yang memiliki tujuan dan tema yang sama. Setelah itu -kalau mungkin- disusun berdasarkan kronologis turunnya dengan memperhatikan sebab-sebab turunnya. Langkah selanjutnya adalah menguraikannya dengan menjelajahi seluruh aspek yang dapat digali. Hasilnya diukur dengan timbangan teori-teori akurat sehingga si mufassir dapat menyajikan tema secara utuh dan sempurna. Bersamaan dengan itu, dikemukakan pula tujuannya yang menyeluruh dengan ungkapan yang mudah dipahami sehingga bagian-bagian yang terdalam sekali pun dapat diselami. Hasil penelitian menguraikan bagaimana konsep pendidikan inklusif menurut permendiknas RI nomor 70 tahun 2009 dalam perspektif Alqur‘an yang meliputi definisi dan tujuan pendidikan inklusif sesuai dalam perspektif alqur‘an surat al-anfal ayat 22-23. Konsep penyelenggaraan, peserta didik, fasilitas satuan dan hak satuan pendidikan inklusif sesuai dalam perspektif alqur‘an surat al-maidah ayat 2. Konsep kewajiban pemerintah dan ketetapan peraturan terhadap pendidikan inklusif sesuai dalam perspektif alqur‘an surat abasa ayat 1-6.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:52
Last Modified: 11 Jul 2017 02:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item