PELAKSANAAN PENDIDIKAN AKHLAK BAGI SISWA DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR KLUB METODE BELAJAR CEPAT (MBC) KLATEN

Fajar, Triatmojo and Dra. Hj., Maslamah, M.Ag (2017) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AKHLAK BAGI SISWA DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR KLUB METODE BELAJAR CEPAT (MBC) KLATEN. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Fajar Triatmojo.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan akhlak Pendidikan akhlak menjadi sangat penting mengingat perkembangan zaman, ilmu dan teknologi yang diiringi efek negatif. Lingkungan bimbingan belajar yang merupakan tempat belajar tambahan kini hanya dijadikan sebagai penambah nilai raport saja, tanpa adanya bimbingan untuk memperbaiki akhlak siswa. Sehingga siswa hanya mementingkan kognitifnya tapi tidak memiliki perilaku yang terpuji. Anak sebagai penerus bangsa harus mendapat perhatian serius baik dari keluarga, sekolah maupun dari pihak masyarakat terutama dalam berperilaku. Banyak siswa yang tidak mempunyai perilaku yang terpuji di lembaga bimbingan belajar, maka dengan permasalahan tersebut Klub MBC berusaha untuk menjadikan siswa untuk mempunyai akhlak yang terpuji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan faktor yang mempengaruhi pendidikan akhlak pada siswa klub MBC. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan dari bulan mei sampai bulan Juli 2016. Tempat penelitian di lembaga bimbingan belajar Klub Metode Belajar Cepat MBC, Jl. Cemara No 19 Klaten. Subjek penelitian yaitu tentor Fullday. Sedangkan informan yaitu kepala lembaga klub MBC dan orang tua siswa klub MBC. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat ditarik kesdimpulan bahwa dalam pelaksanaan pendidikan akhlak dalam membentuk perilaku siswa di lembaga bimbingan belajar Klub MBC klaten dilaksanakan dengan beberapa kegiatan. Kegiatan pendidikan akhlak tersebut adalah pelatihan membaca AlQuran, pelatihan sholat berjamaah dan mengajarkan teori ilmu akhlak. Metode pendidikan akhlak yang diterapkan di lembaga bimbingan klub MBC antara lain, pertama, metode keteladanan yaitu dengan tentor memberikan contoh sholat yang baik, selain itu bisa memberi contoh untuk hidup bersih dengan membuang sampah pada tempatnya. Kedua, metode Ta’lim yaitu dengan mengajarkan teori ilmu akhlak. Ketiga, metode pembiasaan yaitu dengan memberi salam kepada sesame muslim. Keempat, memberi motivasi dengan memberikan pujian kepada siswa yang melakukan akhlak terpuji dan hukuman diberikan ketika siswa melakukan perilaku yang buruk.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:52
Last Modified: 11 Jul 2017 02:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/569

Actions (login required)

View Item View Item