PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SELO KECAMATAN SELO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017

Dwi, Haryanto and Suyatman,, S.Pd, M.Pd. (2017) PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SELO KECAMATAN SELO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Dwi Haryanto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Membaca Alqur’an, Metode An-Nahdliyah Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca Alqur’an siswa SDN 2 Selo yang masih sangat rendah karena penggunaan metode lama yang dirasa kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Metode An-Nahdliyah dapat meningkatkan Kemampuan Membaca Alqur’an siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN 2 Selo pada bulan Juli-Agustus 2016. Subyek penelitian yang melakukan tindakan adalah Guru Pendidikan Agama Islam dan subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SDN 2 Selo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes lesan, dokumentasi dan observasi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 70% siswa dapat membaca Alqur’an dengan baik. sedangkan prosedur dalam penelitian ini adalah tiap siklus terdiri dari Planning, Acting, Observasing dan Reflecting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode An-Nahdliyah dapat meningkatkan kemampuan membaca Alqur’an siswa kelas V SDN 2 Selo Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:52
Last Modified: 11 Jul 2017 02:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item