EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PAI PADA PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH MENENGAH AL FIRDAUS SUKOHARJO

Desi, Kurniasari and Hery, Setiyatna, M. Pd (2017) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PAI PADA PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH MENENGAH AL FIRDAUS SUKOHARJO. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Desi Kurniasari.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Evaluasi, Program Pembelajaran PAI, Pendidikan Inklusif Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus lebih banyak diselenggarakan di Sekolah Luar Biasa (SLB), sedangkan sekolah umum belum memiliki kesiapan untuk menerima siswa berkebutuhan khusus. Pada pendidikan inklusif, kemampuan siswa berkebutuhan khusus berbeda dengan siswa yang tidak berkebutuhan khusus. Program pembelajaran yang dibuat oleh guru tidak selamanya bisa efekif dan dapat dilaksanakan dengan baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi program pembelajaran PAI pada pendidikan inklusif di Sekolah Menengah Al Firdaus Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dilaksanakan di Sekolah Menengah Al Firdaus Mendungan Sukoharjo pada bulan Februari 2016 sampai Januari 2017, Subjek Penelitian adalah Guru PAI, Guru Pendamping Khusus kelas VIII di Sekolah Menengah Al Firdaus Mendungan Sukoharjo, Sedangkan Informan dalam penelitian ini adalah Guru Asuh, Koordinator Inklusi, dan Waka Kurikulum. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa keabsahannya dengan triangulasi sumber, selanjutnya dianalisis dengan Model Interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa Model evaluasi CIPP pada program pembelajaran PAI kelas VIII pendidikan inklusif di Sekolah Menengah Al Firdaus Sukoharjo adalah sebagai berikut: (1) Evaluasi Konteks (Context Evaluation) meliputi identifikasi peserta didik inklusif yang dilakukan dengan mengobservasi anak ketika pembelajaran, baik pada anak reguler maupun pada anak inklusif, (2) Evaluasi Masukan (Input Evaluation) meliputi penyusunan program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, (3) Evaluasi Proses (Process Evaluation) meliputi proses belajar mengajar sesuai dengan program pembelajaran, (4) Evaluasi Produk (Product Evaluation) meliputi diteruskan atau tidaknya program pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:51
Last Modified: 11 Jul 2017 02:51
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item