UPAYA GURU MATA PELAJARAN HADIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HADIS PADA SISWA KELAS VIII SMP IT AL MADINAH NOGOSARI, BOYOLALI TAHUN 2016/2017

Dawimah, Dawimah and Hj., Hafidah, S. Ag, M. Ag (2017) UPAYA GURU MATA PELAJARAN HADIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HADIS PADA SISWA KELAS VIII SMP IT AL MADINAH NOGOSARI, BOYOLALI TAHUN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN SURAKARTA.

[img]
Preview
Text
Dawimah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Upaya Guru Mata Pelajaran Hadis, Kemampuan Menghafal Hadis SMP IT Al Madinah mempunyai program menghafal hadis bagi siswa yaitu siswa diharapkan untuk mampu menghafal hadis yang menjadi target hafalan lebih dari 100 hadis dalam jangka waktu 3 tahun. Kemampuan siswa dalam menghafal hadis berbeda-beda dan siswa kurang termotivasi dalam menghafal hadis. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru mata pelajaran Hadis dalam meningkatkan kemampuan menghafal hadis pada siswa kelas VIII SMP IT Al Madinah Nogosari Boyolali tahun 2016/2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di SMP IT Al Madinah Nogosari, tahun ajaran 2016/2017 pada bulan November 2016 sampai Januari 2017. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Hadis kelas VIII SMP IT Al Madinah Nogosari, informan penelitian ini adalah Kepala sekolah, Koordinator putri dan siswa kelas VIII SMP IT Al Madinah Nogosari. Metode penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi tehnik dan trianggulasi sumber. Tehnik analisis data menggunakan model interaktif, tahapan yang ditempuh yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru mata pelajaran Hadis dalam meningkatkan kemampuan menghafal hadis pada siswa kelas VIII SMP IT Al Madinah Nogosari diantaranya sebagai berikut: Guru menggunakan metode murajaah atau disebut juga dengan metode Bi al-nadzar yaitu dengan mengulang membaca dengan cermat hadis yang akan dihafal dengan melihat secara berulangulang. Guru menggunakan metode setoran hafalan atau disebut juga metode Talaqqi yaitu siswa menyetorkan atau mendengarkan hafalan yang baru dihafal kepada seorang guru. Guru memotivasi siswa untuk menghafal hadis dengan cara mengingatkan siswa untuk menyetorkan hafalan hadis dan memangil siswa yang belum menghafal untuk menyetorkan hafalan maju kedepan serta memotivasi untuk semangat dalam menghafal hadis dan mencari ilmu. Guru memberikan tugas untuk menghafal hadis kepada siswa agar menghafal hadis di luar jam sekolah. Guru menggunakan buku muqarar hadis sebagai sarana prasarana utama dalam pembelajaran agar dapat mendukung proses kegiatan belajar. Keywords: Efforts Teacher Hadith, Ability Memorization Hadith Junior IT Al Madinah has a the program for students to memorize hadith that students are expected to be able to memorize rote hadith that became the target of more than 100 hadith in a period of 3 years. Students' ability to memorize different hadith and less motivated students in memorizing hadith. Therefore, this study aims to determine the efforts teachers Hadith in improving the ability to memorize hadith in students of class VIII SMP IT Al Madinah Nogosari Boyolali year 2016/2017. This research uses descriptive qualitative research, carried out in SMP IT Al Madinah Nogosari, the academic year 2016/2017 in November 2016 until January 2017. The subject of this research is the teacher of the class VIII SMP IT Hadith Al Madinah Nogosari, informants of this study was headmaster Coordinator daughter and eighth grade students of SMP IT Al Madinah Nogosari. Data collection methods used in this study is observation, interview and documentation. To check the validity of the data using triangulation techniques and source triangulation techniques. Technical analysis of the data using an interactive model, the stages to be taken of data collection, data reduction, data presentation and conclusion or verification. These results indicate that efforts teachers hadith in improving the ability to memorize hadiths students of class VIII SMP IT Al Madinah Nogosari including the following: Teachers use methods murajaah or of rote also called the method Bi al-nadzar namely by repeating read hadith will be to see repeated. Teachers using the deposit method of rote also called Talaqqi method ie students depositing or listen to new rote memorized to a teacher. Teachers motivate students to memorize hadith by way of reminding students to deposit rote hadith and call students who have not deposited rote memorization to move forward and motivate for the spirit in memorizing hadith and seek knowledge. Teacher give the task to memorize to hadith to the students to memorize hadith outside hours school. Teacher use muqarar book hadith as a major infrastructure in order to support the learning process of learning

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:51
Last Modified: 11 Jul 2017 02:51
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item