HADITS-HADITS AMANAH RIWAYAT BUKHARI-MUSLIM DALAM KITAB RIYADHUSH SHALIHIN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Chintya, Ayu Pratiwi and Dra., Hj. Tasnim Muhammad, M. Ag. (2017) HADITS-HADITS AMANAH RIWAYAT BUKHARI-MUSLIM DALAM KITAB RIYADHUSH SHALIHIN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Chintya Ayu.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Amanah, Manajemen Pendidikan Islam. Permasalahan yang terjadi di Indonesia adalah kualitas sumber daya manusia yang terbilang rendah disebabkan oleh rendahnya kualitas pendidikan, keadaan semacam ini menyebabkan perkembangan bangsa terhambat. Kedua, pendidikan nasional dihadapkan pada krisisme yang kompleks. Ketiga, terbatasnya penyediaan anggaran berimplikasi pada proses terselenggaranya pendidikan. Keempat, praktek Korupsi Kolusi dan Nepotisme terkait penyampaian bantuan dana bagi sekolah menyebabkan setiap orang yang terlibat di dalamnya terbiasa dengan ketidakjujuran dan mengesampingkan tertib administrasi. Kelima, budaya menyunat bantuan berkaitan erat dengan buruknya birokrasi, sehingga membuat pengelolaan biaya pendidikan di sekolah tidak transparan dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konsep amanah dalam manajemen pendidikan Islam berdasarkan hadits-hadits riwayat Bukhari-Muslim dalam kitab Riyaadhush Shaalihiin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Untuk mendapatkan data penelitian, peneliti menyediakan sumber primer atau buku induk dan sumber sekunder sebagai penunjang. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan. Peneliti memperhatikan keabsahan data juga melalui teknik ketekunan dalam penelitian. Langkah selanjutnya perlu dilakukan analisis data dengan metode analisis isi, untuk mengarah kepada hasil penelitian. Penelitian ini menunjukkan empat hadits amanah riwayat Bukhari-Muslim dalam Kitab Riyaadhush Shaalihiin mengandung muatan sikap yang erat dengan aktivitas manajemen keuangan dalam pendidikan Islam yakni adil, jujur, disiplin, dan bertanggung jawab/akuntabel. Substansi amanah dalam manajemen berarti menerapkan fungsi dan juga prinsip-prinsipnya. Dua prinsip manajemen yang definisinya paling dekat dengan amanah adalah transparansi dan akuntabilitas, keduanya disebut dengan istilah partisipatif. Dua prinsip lain yaitu efektivitas dan efisiensi adalah prinsip yang amat penting bagi penggunaan sumber daya pendidikan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 13 Jun 2017 05:12
Last Modified: 13 Jun 2017 05:14
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item