NILAI – NILAI PENDIDIKAN IBADAH DALAM NOVEL KETIKA TUHAN JATUH CINTA KARYA WAHYU SUJANI

Ayu, Nur Hidayah and Dr., Hj. Khoiriyah, M.Ag. (2017) NILAI – NILAI PENDIDIKAN IBADAH DALAM NOVEL KETIKA TUHAN JATUH CINTA KARYA WAHYU SUJANI. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Ayu Nur Hidayah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan Ibadah, Novel Ketika Tuhan Jatuh Cinta. Pendidikan bukan hanya sekedar proses transformasi ilmu, akan tetapi pendidikan juga bertujuan mengembangkan fitrah peserta didik, baik ruh, psikis, dan akalnya secara dinamis sehingga akan terbentuk pribadi yang utuh dan mendukung bagi pelaksanaan fungsinya sebagai khalifah fil‟ard. Seperti halnya buku bacaan pengetahuan yang lain, novel juga dapat difungsikan sebagai media pendidikan. Novel sebagai salah satu karya sastra bukan hanya dapat dinikmati sebagai media yang dapat memberikan hiburan semata. Novel juga mengandung nilai pendidikan dan pesan moral yang dapat ditransformasikan kepada para pembaca. Sehingga novel sebagai media ahli nilai bermanfaat membentuk kepribadian seseorang dan mengarahkannya sesuai dengan nilai-nilai yang dikandungnya. Novel Ketika Tuhan Jatuh Cinta dianggap menarik oleh penulis karena saat manusia mencintai Tuhan dengan tulus ikhlas dan tidak ada keraguan apapun atas-Nya. Dia akan menjawabnya dengan akhir yang baik, baik di dunia maupun akhirat walau perjalanan kehidupan yang luar biasa berliku-liku. Disini Tuhan jatuh cinta pada umatnya yang shalih percaya seutuhnya tanpa kecuali.Adapuin permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai pendidikan ibadah yang terkandung dalam novel Ketika Tuhan jatuh cinta karya Wahyu Sujani. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan ibadah dalam novel Ketika Tuhan Jatuh Cinta karya Wahyu Sujani. Penelitian ini merupakan penelitian Libray Research(Literatur), Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik ketekunan dalam penelitian. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis content atau kajian isi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa di dalam novel Ketika Tuhan Jatuh Cinta ini terdapat dua nilai pendidikan ibadah yaitu nilai pendidikan ibadah madhah dan nilai pendidikan ibadah ghairu madhah. Nilai pendidikan ibadah madhah meliputi 1) Menyegerakan shalat, 2) Menanamkan niat ikhlas dalam shalat, 3) Mengingatkan shalat, 4) Mengerjakan shalat sunnah, 5) Membiasakan shalat berjamaah, 6) Membiasakan shalat hajat, 6) Tanda masuknya waktu shalat. Sedangkan nilai pendidikan ghairu madhah meliputi 1) Membiasakan diri untuk berdo‟a, 2) Membiasakan diri untuk berdzikir, 3) Nadzar, 4) Sujud syukur, 5) Tahlilan, 6) Membiasakan diri untuk bertasbih kepada Allah SWT, 7) Menuntut ilmu, 8) Berbakti kepada orangtua, 9) Membantu orangtua dan, 10) Membiasakan membaca Al-qur‟an.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 13 Jun 2017 05:12
Last Modified: 13 Jun 2017 05:12
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item