PENERAPAN PROGRAM PEMBELAJARAN AKSELERASI DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL FATAH GEJUGAN SAMBI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Aulia, Rachmawati and Dr., Imam Makruf, S, Ag., M, Pd. (2017) PENERAPAN PROGRAM PEMBELAJARAN AKSELERASI DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL FATAH GEJUGAN SAMBI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Other (skripsi)
Aulia Rahmawati.PDF

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Akselerasi, Menghafal Al-Qur‟an, Pondok Pesantren Permasalahan yang dikaji adalah ketakutan dari santri sendiri yang menganggap pembelajaran menghafal Al-Qur‟an sangat sulit, terkadang motivasi sudah diberikan tetapi masih saja ada perasaan sulit ketika menghafal Al-Qur‟an. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran akselerasi dalam menghafal Al-Qur‟an, faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penerapan model Pembelajaran Akselerasi dalam menghafal Al-Qur‟an, kekurangan serta kelebihannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur‟an Al-Fatah Gejugan Sambi, dimulai pada bulan Juni 2016 sampai Januari 2017. Subyek dalam penelitian ini adalah koordinator mukhayyam dan santri kelas mukhayyam. Sedangkan informannya adalah pengurus pondok dan asatidzah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran akselerasi dalam menghafal Al-Qur‟an dapat diterima positif dikalangan pondok dan luar pondok. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa dari 26 santri baik dari pondok Al-Fatah dan luar Al-Fatah, dapat menghafal paling banyak 16 Juz dari modal awal hafalan 14 juz, jadi santri tersebut sudah hafal 30 juz. Dan yang paling rendah adalah santri dengan modal menghafal 20 juz setelah mengikuti mukhayyam turun hafalannya menjadi 15 Juz. Hal ini terjadi terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya mampu menghafal terbanyak 15 juz dari modal awal 3 juz. Hal ini menunjukkan percepatan dalam menghafal Al-Qur‟an karena program regular santri dalam satu hari hanya menghafal satu muka sedangkan dalam program mukhayyam santri ditargetkan menghafal satu jam satu halaman.Program mukhayyam sangat mendukung hafalan cepat santri karena fasilitas diberikan full untuk santri seperti pakaian difasilitasi untuk loundry, makan bergizi, dan kondisi santri dibuat senyaman mungkin untuk mengikuti program menghafal cepat ini

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 13 Jun 2017 05:12
Last Modified: 13 Jun 2017 05:12
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item