UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI STRATEGI MODELING THE WAY SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH 2 KARANGGEDE BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Arriza, Awalu Majid and Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag (2017) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI STRATEGI MODELING THE WAY SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH 2 KARANGGEDE BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Arriza awalu majid.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi Modeling The Way Latar belakang penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, di mana salah satu diantara penyebabnya adalah penggunaan strategi pembelajaran yang masih kurang tepat dari guru yang bersangkutan. Salah satu alternatif yang dilakukan yaitu dengan menerapkan strategi Modeling The Way, karena strategi Modeling The Way lebih variatif dalam pembelajaran sehingga tidak sebatas hanya produk hafalan saja, selain itu strategi tersebut dapat melatih siswa untuk bekerja sendiri serta bekerjasama dengan orang lain sehingga mendorong siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih melalui strategi Modeling The Way siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Karanggede tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 2 Karanggede pada bulan Agustus 2016 sampai Januari 2017. Subyek penelitian yang melaksanakan tindakan yaitu guru mata pelajaran Fiqih kelas VIII dibantu kolaborator yaitu kepala madrasah dan subyek penelitian yang menerima tindakan yaitu siswa kelas VIII sejumlah 25 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini di lakukan dengan II siklus, indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 85% siswa mencapi kreteria ketuntasan minimal 70. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.Untuk Validitas data menggunakan triangulasi teknik sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian ini adalah: Dengan penggunaan strategi Modeling The Way dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih pada siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah 2 Karanggede Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Dibuktikan dengan hasil tes ujian tengah semester siswa yang tuntas dalam pembelajaran 12 dari 25 siswa atau 48% dan yang tidak tuntas dalam pembelajaran adalah 13 dari 25 siswa atau 52%. Pada siklus I : Siswa yang tuntas dalam pembelajaran adalah 16 dari 25 siswa atau 64% dan siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran 9 dari 25 siswa atau 36%. Pada siklus II : Siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak 22 dari 25 siswa atau 88%. Siswa yang tidak tuntas 3 dari 25 siswa atau 12%. Pada siklus II ketuntasan di atas 85% sehingga perbaikan pembelajaran telah berhasil.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 13 Jun 2017 05:12
Last Modified: 13 Jun 2017 05:12
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item