UPAYA KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KECAMATAN EROMOKO KABUPATEN WONOGIRI

Arifian, Yusron A and Yayan, Andrian, S.Ag., M.Ed. Mgmt. (2017) UPAYA KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KECAMATAN EROMOKO KABUPATEN WONOGIRI. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Arifian Yusron Asrofi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Kelompok Kerja Guru, Kompetensi Pedagogik, Guru Pendidikan Agama Islam Masalah dalam penelitian terletak pada Upaya Kelaompok Kerja Guru dalam meningkatkan kompetensi Pedagogik guru pendidikan agama Islam di Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri. Adapun tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam upaya KKG PAI Kecamatan Eromoko dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif November 2016 sampai bulan Januari 2017, subyek penelitian ini adalah ketua Kelompok Kerja Guru Kecamatan Eromoko. Sedangkan yang menjadi informannya adalah pengurus KKG PAI dan guru anggota KKG PAI Kecamatan Eromoko. Data dikumpulkan menggunakan observasi. Wawancara dan Dokumentasi. Data yang sudah terkumpul menggunakan keabsahannya dengan triangulasi sumber, selanjutnya dianalisis data interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah penulis sampaikan pada bab sebelumnya serta tujuan penelitian yang ada dalam penelitian ini maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa Upaya Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kompetensi pedagogik adalah diskusi dan sharing, pembinaan dari pengurus KKG PAI SD, Penularan Workshop dan Mengirimkan guru KKG PAI mengikuti workshop. Diskusi dan sharing yaitu forum kegiatan yang dilakukan KKG PAI SD untuk berbagi masalah sesama guru PAI SD, contohnya adanya keluh kesah dari guru anggota KKG PAI mengenai diantaranya perilaku siswa susah diatur di dalam kelas, guru yang memiliki ide akan menyampaikan ide untuk memberikan masukan. Pembinaan dari pengurus KKG PAI SD. Pembinaan dari pengurus KKG PAI SD adalah membina anggotanya, salah satunya yaitu kompetensi pedagogik, seperti contoh ketua KKG memberikan pembinaan pendidikan karakter siswa. Penularan Workshop adalah kegiatan penularan ilmu yang diperoleh dari mengikuti seminar atau workshop dari anggota ataupun pengurus KKG PAI SD. Mengirimkan guru untuk mengikuti workshop atau seminar yang diadakan di lingkup kecamatan maupun lingkup Kabupaten tentang pendidikan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 13 Jun 2017 05:12
Last Modified: 13 Jun 2017 05:12
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item