PENDALAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA KEGIATAN KAJIAN FIQIH DI BOARDING SCHOOL MTS NEGERI SURAKARTA 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Annisaa, Widyani and Dr. M., Munadi, S.Pd., M.Pd. (2017) PENDALAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA KEGIATAN KAJIAN FIQIH DI BOARDING SCHOOL MTS NEGERI SURAKARTA 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Annisa Widyani.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : 1. Pendalaman Materi PAI, 2. Boarding School Pendalaman materi pendidikan agama Islam (PAI) pada kegiatan kajian fiqih berpotensi sekali dalam meningkatkan pengetahuan agama khususnya untuk para santri/peserta didik MTs Negeri Surakarta 1. Langkah pendalaman materi mendapat posisi yang penting di dalam proses menyampaian materi, karena keberhasilan suatu pembelajaran diawali dengan melakukan suatu perencanaan atau langkah-langkah sebelum memberikan materi tersebut kepada para santri, seperti menentukan apersepsi, metode yang akan diberikan serta bagaimana menciptakan suatu kelas yang menyenangkan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pendalaman Pendidikan Agama Islam (PAI) materi fiqih pada kegiatan kajian fiqih yang berlangsung diboarding school MTs Negeri Surakarta 1. PenelitianinimerupakanpenelitianDeskriptifKualitatifdenganmengambillat ar di Boarding School asrama putri Bait al-Hikmah MTs Negeri Surakarta 1.Penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Desember 2016 dengan Ustadz pengajar kajian fiqih sebagai sebjek dan ustadz ustadzah, kepala asrama serta santri putri sebagai informan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakananalisis data interaktif yang berhasildikumpulkan, dandarimaknaitulahditarikkesimpulan. Pemeriksaankeabsahan data denganmengadakantrianggulasi. Hasilpenelitiandiperolehkesimpulanbahwapendalaman materi yang dilakukan sebelummemberikanmaterikepada para santri, setelah menentukan tema kemudian mendalami materi tersebutdenganrujukandari buku pegangan kajian fiqihkemudianmenentukanmetodepenyampaiankepadasantri. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, tanya-jawab, kisah, dan amsal. Kemudian untuk pelaksanaan kegiatan kajian fiqih dilaksanakan 2 minggu sekali dengan kegiatan awal dengan pemberian aprsepsi, lalu penyampaian materi dengan menggunakan metode yang telah dipersiapkan. Diakhir pemberian materi pengajar juga menggunakan metode tanya-jawab sebagai bahan penguatan pada memori santri. Kemudian kegiatan akhir pengajar menutup pertemuan dengan do‟a dan salam. Untuk evaluasi sesekali pengajar memberikan pertanyaan di akhir pertemuan serta mengadakan suatu test atau ujian tiap akhir smester berupa tes tertulis untuk mengetahui kemampuan serta pengetahuan santri mengenai fiqih. Keywords : 1. The Deepening Of Materials IRE, 2. Boarding School The deepening of Materials Islamic Religious Education in activity of investigation fiqih is very potential for increasing knowledge especially for the santri/students at MTs Negeri 1 Surakarta. Step deepening of the material got an important position in the process of communication of the material, because the success of a study is initiated by a plan or steps before providing such material to the students, such as determining apperception, the method will be given as well as how to create a fun class. The purpose of this action research is how to know the process of deepening material Islamic Religious Education (IRE) especially material fiqih in the assessment activity which took place in the boarding school at MTs Negeri 1 Surakarta. This action research is a qualitative descriptive by taking a background in Boarding School girls' dormitory Bait al-Hikmah MTs Negeri 1 Surakarta. The research was conducted in September and data collection was carried out by conducting observation, interviews and documentation. The Analyzed of data was using interactive data that collected, and the conclusions drawn from that meaning. Examination of the data validity was conducted by triangulation. In conclusion of the result action research that the deepening of the material was done before delivering the material to the students, after determining the theme then explore the material to a referral from the study of fiqih’s handbook, after that determine the method of delivery to santri. The method used lectures, questions and answers, stories and proverbs. Then for the implementation of fiqih studies carried out 2 weeks for the first teaching activity was beginning with uppersepsion administration, and delivery of content using lectures, stories and proverbs. At the end of the provision of teaching materials are also using debriefing as reinforcement material in the memory of students. Then the end of the teaching activity concluded the meeting with a prayer and a greeting. For the evaluation of the occasional teacher provided questions at the end of the meeting and conduct a test or exam each end semester the form of a written test to determine the ability and knowledge of students about fikih.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:21
Last Modified: 05 Jun 2017 04:21
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item View Item