IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI MIM KARANGANYAR SAMBUNG MACAN SRAGEN TAHUN 2016/2017

Anjar, Fitriana and Drs. H., Suparmin, M.Pd (2017) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI MIM KARANGANYAR SAMBUNG MACAN SRAGEN TAHUN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Anjar Fitriana.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kualitas Pembelajaran PAI Peran kepala sekolah merupakan faktor yang signifikan dalam meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI , sehingga apabila peran kepala sekolah baik maka kesuksesan sekolah akan tercapai. Salah satu peran kepala sekolah sebagai supervisor adalah kepala sekolah memiliki tugas dalam kaitannya dalam pengembangan guru dan staf. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Implementasi Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI diantaranya melalui program dan peningkatan mutu pembelajaran, namun dalam penyediaan fasilitas dalam pembelajaran masih sangat minim. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implemetasi supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Metodologi dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif Penelitian ini dilaksanakan di MIM Karangnayar Sambung Macan Sragen, dilaksanakan pada bulan Februari – November 2016.Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah. Sedangkan informannya adalah guru , guru mata pelajaran lainnya dan waka kurikulum. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan trianguliasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yaitu reduksi data, model data (display data), dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI adalah 1. Melalui kunjungan kelas, observasi kelas, mengadakan pertemuan rapat (meeting),mengadakan penataran-penataran. 2. Meningkatkan kerja sama yang baik dengan guru-guru dalam penyusunan dan pemantapan kurikulum, silabus dan RPP, serta mendorong guru dalam perencanaan mengajar guru. 3. Menyediakan sumber-sumber belajar, alat serta berbagai fasilitas belajar mengajar yang dapat mendukung peningkatan kualitas guru. 4.Melakukan evaluasi kinerja guru. 5.Evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 04 Jun 2017 20:49
Last Modified: 04 Jun 2017 20:49
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item View Item