UPAYA GURU DALAM PENGUATAN KOMPETENSI SIKAP SISWA PADA MATAPELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTSN SURAKARTA 2 TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Agustin, Endah Nur Cahyanti and Drs., Sukirman, M. Ag (2017) UPAYA GURU DALAM PENGUATAN KOMPETENSI SIKAP SISWA PADA MATAPELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTSN SURAKARTA 2 TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
Agustin Endah nurcahyanti.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Penguatan Kompetensi Sikap, Penerapan Kurikulum 2013. Proses pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang hanya berisikan materi ayat-ayat Al-Quran dan Hadits tidak hanya mengajarkan isi kandungannya namun juga mengajarkan aspek kompetensi sikap siswa dalam penerapan di kehidupan sehari-hari. Selama ini guru hanya memfokuskan pada aspek kognitif saja tanpa memperhatikan aspek afektif, yaitu kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial yang terkandung dalam materi Qur’an Hadts. Kompetensi sikap merupakan salah satu aspek dalalm kurikulum 2013. Dalam implementasi kurikulum 2013, guru menerapkan upaya-upaya dalam penguatan kompetensi sikap pada pembelajaran mata pelajaran Qu’an Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam penguatan kompetensi sikap siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs N Surakarta 2 mulai bulan September 2015 sampai Januari 2016. Subyek penelitiannya adalah guru Al-Al-Qur’an Hadits. Informan penelitiannya adalah waka kurikulum dan siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk melihat keabsahan data dengan triangulasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya penguatan kompetensi sikap siswa pada Al-Qur’an Hadits di MTs N 2 Surakarta dapat dilihat melalui perencanaan yang dilakukan dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berupa persiapan kegiatan yang akan dilakukan, strategi atau metode yang akan digunakan sesuai dengan materi serta media pembelajaran yang digunakan saat proses belajar mengajar matapelajaran Qu’an Haidts. Kemudian dilanjutkan pelksanaan dari RPP yang dilakukan dalam proses pembelajaran dengan menerapkan berbagai kegiatan pembelajaran melalui metode yang bervariasi 1) dengan adanya metode tutor sebaya untuk memotivasi siswa terbiasa membaca Al-Qur’an 2) metode cerita, 3) peragaan siswa bermain peran dengan roleplay atau sosiodrama, 4) dengan penggunaan media yang relevan seperti menayangkan video, 5) mengadakan tugas menulis semboyan sebagai tugas rumah yang akan ditempelkan di dinding kelas, 6) mengadakan kegiatan piket kelas sebelum proses belajar mengajar di MTs N Surakarta 2 dan menanyai siswa yang belum piket sebagai sikap jujur, 7) berdoa sebelum pembelajaran dimulai sebagai bentuk iman kepada Allah, 8) memberikan reward kepada siswa yang berprestasi melalui katakata pujian, 9) memberikan punishment kepada siswa yang melanggar aturan yang ditentukatau berperilaku kurang baik sebagai penegas, 10) mengadakan metode diskusi yang diarahkan oleh guru mapel Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 02 Jun 2017 02:33
Last Modified: 02 Jun 2017 02:33
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item View Item