HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MTsN GEMOLONG TAHUN AJARAN 2015/2016

Nika, Ayu Nurjanah and Dr. H., Purwanto, M.Pd. (2017) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MTsN GEMOLONG TAHUN AJARAN 2015/2016. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
4. Nika Ayu Nurjanah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Persepsi Siswa terhadap Dukungan Orang Tua, Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas VII di MTsN Gemolong Tahun Ajaran 2015/2016. Terdapat beberapa faktor yang berhubungan dengan kemampuan membaca Al-Qur‟an. Di antaranya adalah partisipasi dalam belajar membaca Al-Qur‟an, dukungan orang tua, dan partisipasi dalam aktivitas keagamaan di sekolah. Dukungan orang tua merupakan salah satu faktor yang berhubungan dengan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) persepsi siswa terhadap dukungan orang tua kelas VII MTsN Gemolong Tahun Ajaran 2015/2016 (2) kemampuan membaca Al- Qur‟an siswa kelas VII MTsN Gemolong Tahun Ajaran 2015/2016 (3) hubungan antara persepsi siswa terhadap dukungan orang tua dengan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas VII MTsN Gemolong Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Gemolong dimulai dari bulan Februari 2016 sampai dengan Juli 2016. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 165 siswa dan jumlah sampel 110 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji normalitas menggunakan metode uji Kolmogorov-Smirnov dengan hasil data berdistribusi normal. Uji linearitas dan keberartian regresi pada sebaran distribusi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah linear dan berarti. Uji hipotesis menggunakan Korelasi Product Moment, dikarenakan data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap dukungan orang tua sebagian besar dalam kategori sedang. Terbukti dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat 21 siswa atau 19,09% dalam kategori rendah, 68 siswa atau 61,82% dalam kategori sedang, 21 siswa atau 19,09% berada dalam kategori tinggi. Kemampuan membaca Al-Qur‟an sebagian besar dalam kategori sedang. Terbukti dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat 24 siswa atau 21,82% dalam kategori rendah, 62 siswa atau 56,36% dalam kategori sedang, 24 siswa atau 21,82% berada dalam kategori tinggi. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap dukungan orang tua dengan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas VII MTsN Gemolong tahun ajaran 2015/2016. Terbukti nilai rXY (0,276) > rtabel (0,176) dengan kesalahan 5%. Koefisien determinasinya r 2 = 0,276² = 0,076176. Nilai besaran sumbangan persepsi siswa terhadap dukungan orang tua dengan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas VII MTsN Gemolong tahun ajaran 2015/2016 sebesar 7,618%. Dan sisanya 92,382% ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 08 May 2017 03:06
Last Modified: 08 May 2017 03:06
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item