UPAYA GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR TAHFIDZUL QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI SMPIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Adhistya, Iriana Putri and H., Moh. Mahbub, S.Ag. M.Si. (2017) UPAYA GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR TAHFIDZUL QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI SMPIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
2. Adhistya Iriana Putri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam mengajar dan mendidik siswanya. Selain itu, guru juga mempunyai peran sebagai pembimbing dalam memberikan dorongan dan motivasi kepada siswanya untuk disiplin dalam menghafal Al-Qur’an. Masalah dalam penelitian ini adalah masih ada siswa yang kurang bersemangat dalam menghafal Al-Quran, sehingga menghambat keberhasilan program tahfidz di SMPIT Nur Hidayah Surakarta. Masih ada siswa yang kurang disiplin dalam menghafal dan setoran hafalan, sehingga menghambat target hafalan yang telah diwajibkan. Tilawah harian dan muroja’ah hafalan siswa merupakan hal yang penting dalam keberhasilan program tahfizul Qur’an di SMPIT Nur Hidayah, namun masih ada siswa yang malas melakukan tilawah harian dan muroja’ah sehingga hafalan menjadi lupa dan hilang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Tahfidzul Qur’an pada Siswa Kelas VII di SMPIT Nur Hidayah Surakarta. Metodologi dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Nur Hidayah Surakarta, dilaksanakan pada bulan bulan Maret 2016 sampai Januari 2017. Subjek penelitian ini adalah guru tahfidz. Sedangkan informannya adalah kepala sekolah, siswa-siswinya, dan guru lain yang ikut mengajar tahfidzul Qur’an serta bagian kedisiplinan siswa (guru BK). Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yaitu reduksi data, model data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian tentang “Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Tahfidzul Qur’an pada Siswa Kelas VII di SMPIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017” telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kedisiplinan belajar tahfidzul Qur’an pada siswa. Ada tiga ranah upaya yang telah dilakukan guru. Pertama, upaya guru terhadap siswa antara lain a) Menjelaskan, memahamkan dan menerapkan adab-adab tilawah dan tahfidzul Qur’an (disiplin adab), b) Memulai pelajaran dengan wudhu, datang ke tempat/majelis tepat waktu (disiplin waktu), c) Memberikan target yang jelas terkait pencapaian hafalan siswa agar hafalan tuntas selesai sesuai KKM (disiplin hafalan). Kedua, upaya guru terhadap wali murid yaitu memberikan buku pantauan hafalan Al-Qur’an untuk wali murid agar orang tua terus memantau hafalan anaknya. Ketiga, upaya guru terhadap wali kelas yaitu dengan cara membentuk tim OSP guna membantu memantau kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 08 May 2017 03:06
Last Modified: 08 May 2017 03:06
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item