PEMANFAATAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS VIII B DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTs N) MANYARAN KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Afifurrahman, Afifurrahman and Suyatman,, S.Pd, M.Pd (2017) PEMANFAATAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS VIII B DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTs N) MANYARAN KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
1. Afifurrahman.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah dalam pembelajaran SKI di MTs N Manyaran mengalami kesulitan dalam memilih bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran, karena belum lengkapnya bahan ajar yang tersedia baik itu dari pemerintah maupun dari inisiatif gurunya sendiri. Oleh karena itu guru memanfaatkan LKS sebagai pelengkap bahan ajar serta membangkitkan minat siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran kelas VIII B di MTs Negeri Manyaran. Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan bulan Juli 2016 sampai Desember 2016 di Mts N Manyaran Kabupaten Wonogiri. Subyek dalam penelitian ini adalah guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan siswa-siswi kelas VIII B MTs N Manyaran Kabupaten Wonogiri. Sedangkan informannya adalah Kepala Madrasah dan Wali kelas VIII B MTs N Manyaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber. Kemudian analisis data menggunakan analisis model interaktif data dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, display atau Penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa bahan ajar LKS dimanfaatkan untuk: 1) Mengarahkan siswa agar dapat menemukan konsep-konsep yang ada dalam materi, untuk mengembangkan keterampilan proses, mengembangkan sikap ilmiah serta membangkitkan minat siswa terhadap proses pembelajaran 2) Mengaktifkan siswa dalam proses belajar, seperti kegiatan berdiskusi ketika proses pembelajaran 3) Melatih siswa untuk diberikan serangkaian tugas atau aktivitas lain diluar proses pembelajaran yakni dirumah, seperti pekerjaan rumah. Lembar kerja (LKS) juga sering digunakan untuk memotivasi siswa ketika sedang melakukan tugas latihan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Education
300 Ilmu Sosial > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 08 May 2017 03:06
Last Modified: 08 May 2017 03:06
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item