TASAWUF TRANSFORMATIF (Studi atas Teori dan Praktik Tasawuf di Pesantren Darul Afkar Desa Tegalrejo Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten)

Ali, Yoga Khoiri and Bakri, Syamsul (2013) TASAWUF TRANSFORMATIF (Studi atas Teori dan Praktik Tasawuf di Pesantren Darul Afkar Desa Tegalrejo Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img] Text
TASAWUF TRANSFORMATIF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kehidupan modern berimplikasi kepada keringnya spiritualitas masyarakat, keboborokan moral, etika sosial yang kotor, dan stress yang menjangkit, politik, ekonomi, dan gerak kehidupan di bumi yang begitu cepat menjadikan manusia bimbang dan tak tahu arah hidup. Di tengah-tengah kebingungan manusia ini diperlukan tasawuf yang transformatif. Maksud tasawuf transformatif di Pesantren Darul Afkar meliputi transformasi model kajian teori serta materi teori tasawuf, model kajian tasawuf praktis dan transformasi dalam kehidupan praktisi tasawuf. Pesantren Darul Afkar merupakan sebuah lembaga Islam yang menjalankan aktifitas kajian yang bersifat transformatif. Artinya, agama bukan hanya berbicara soal hubungan vertikal kepada Allah (hablun minalloh), tetapi juga menekankan pentingnya aktualisasi sosial kemasyarakatan (hablun minannas). Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model model kajian teori dan model praktik tasawuf di Pesantren Darul Afkar, apa saja teori tasawuf yang dikaji dan bagaimana dampak pengaruhnya terhadap kehidupan praktisi tasawuf. Penelitian ini bersifat lapangan. Sumber primer yang digunakan melalui observasi lapangan, informan dan data literatur dan dokumentasi.beberapa kajian tasawuf teoritis dan praktis di Pesantren diambil dari kitab yang dikaji berupa kitab Tahdzib al-Akhlaq Wa Tathhir al-I’iqad karangan Ibn Maskawaih,kitab Fathul Qorib, Metode Zikir Dan Do’a al-Ghazali karangan Kojiro Nakamura, Qur’anic Law Attraction karangan Rusdin S. Rauf, Terapi Hati karangan Amin Syukur dan Fatimah Usman dan Tasawuf Reiki karangan Syamsul Bakri. Selain itu, peneliti juga mewawancarai beberapa praktisi tasawuf di Pesantren Darul Afkar. Selain itu, peneliti mengikuti langsung kajian yang diselenggarakan agar peneliti lebih yakin. Sementara itu, sumber data sekundernya diambil dari berbagai buku, jurnal, koran, berkas lembaga, dan makalah ilmiah yang membahas masalah tasawuf yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tasawuf di Pesantren Darul Afkar merupakan “tasawuf transformatif”. Tasawuf transformatif di Pesantren Darul Afkar yakni meliputi transformasi model kajian teori serta kajian beberapa teori tasawuf, model kajian tasawuf praktis serta transformasi dalam kehidupan praktisi tasawuf. Model kajian teori tasawuf transformatif di Pesantren Darul Afkar bisa dilihat dari metodologi pengajaran yang digunakan adalah kajian dan diskusi (kajian kritis), dengan harapan supaya menumbuhkan pikiran yang dinamis, progresif, konstruktif dengan tanpa tercerabut dari akar-akar tradisional salafiyah. Konsep yang ada di dalam buku, kitab dan diktat dikorelasikan dengan fenomena dan realita yang terjadi di masyarakat. Dengan begitu, para praktisi tasawuf dapat menangkap lebih dalam makna teori dari “teks” ke dalam “konteks”. Kajian materi teori tasawuf selalu bertransformasi dari satu teori ke teori yang lain, sekiranya ada teori tasawuf yang bermanfaat dan baik untuk pengembangan kajian, maka akan dikaji secara kritis. Sejauh ini, materi teori tasawuf di Pesantren Darul Afkar berasal dari berbagai teori seperti tasawuf akhlaki, tasawuf falsafi, tasawuf healing (psikoterapi), doa-doa, ayat al-Quran, asmaul husna dan lain sebagainya, sangat menunjang transformasi pemahaman praktisi tasawuf yang luas dan komprehensif tentang ilmu ketasawufan. Transformasi model kajian tasawuf praktis yaitu keluwesan dalam mengaplikasikan praktik tasawuf. Model praktik tasawuf di Pesantren Darul Afkar bisa berkembang dan tidak seketat laku riyadhah dan mujahadah dalam tarekat. Pengembangan praktik tasawuf di Pesantren Darul Afkar sejauh ini sudah banyak dan bervariasi, dari pengembangan simbol-simbol, model zikir meditasi, spirutualisasi doa dan lain sebagainya. Pengembangan diperlukan jika praktik tersebut tidak bertentangan dengan syariah Islam dan bermanfaat bagi praktisi tasawuf. Ibadah kepada Allah (hablun min Allah) berdampak kepada diri sendiri (hablun min nafsi), manusia (hablun min an-nas) dan lingkungan (hablun min al-bi’ah). Kata kunci: Modern, Tasawuf, Transformatif

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x5 Akhlak dan Tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Aqidah Filsafat
Depositing User: dosen dosen
Date Deposited: 27 Feb 2020 04:29
Last Modified: 27 Feb 2020 07:28
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/5041

Actions (login required)

View Item View Item