LARANGAN PERNIKAHAN KARENA MASIH SATU DANYANG” (Studi Kasus di Dukuh Barepan dan Dukuh Sugorejo Desa Jagan Kecamtan Bendosari Kabupaten Sukoharjo)

Taufiq, Hidayat and Farkhan,, M.Ag (2017) LARANGAN PERNIKAHAN KARENA MASIH SATU DANYANG” (Studi Kasus di Dukuh Barepan dan Dukuh Sugorejo Desa Jagan Kecamtan Bendosari Kabupaten Sukoharjo). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
2. Taufiq hidayat.pdf

Download (909kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT TAUFIQ HIDAYAT, NIM: 12.21.21.039 “LARANGAN PERNIKAHAN KARENA MASIH SATU DANYANG” (Studi Kasus di Dukuh Barepan dan Dukuh Sugorejo Desa Jagan Kecamtan Bendosari Kabupaten Sukoharjo).Tesis berjudul "PERKAWINAN BAN karena masih satu Danyang (studi kasus di, Dukuh Barepan, Desa Jagan, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo)" ini merupakan hasil dari penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana deskripsi dan faktor yang aspek dipengaruhi larangan pernikahan karena masih satu Barepan danyang dan desa Sogorejo dari Bendosari kecamatan Bandara internasional Sukoharjo Kabupaten Jagan ?. Dan bagaimana analisis 'urf larangan pernikahan karena masih satu Danyang di dukuh Barepan dan Sogorejo Kecamatan Bendosari Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo? Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara. Data lebih lanjut yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, metode yang menggambarkan dan menafsirkan data yang telah dikumpulkan dengan menggunakan deduktif pikiran-set. Untuk menganalisis larangan nikah satu tradisi penulis ini danyang menggunakan salah satu metode ijtihad, 'urf. Penelitian mengatakan bahwa larangan pernikahan satu danyang adalah tradisi untuk Komunitas larangan Dukuh Barepan dan Sogorejo, Kecamatan Bendosari Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo untuk melakukan pernikahan antara dukuh Barepan dan Sugorejo. Ini berarti bahwa warga Dukuh Barepan dilarang melakukan pernikahan dengan warga Dukuh Sugorejo dan jika dipaksakan akan menimbulkan efek negatif, seperti: keluarga tidak harmonis, sering disambar, kemelaratan (sulit mencari rizki), bahkan sampai kematian . Hasil analisis menggunakan 'urf menyimpulkan bahwa larangan tradisi perkawinan satu danyang termasuk dalam al' urf al-fasid (kebiasaan yang dianggap rusak), karena bertentangan dengan syari'at. Masyarakat Barepan dan Sogorejo melarang seseorang untuk melakukan depan rumahnya dengan pernikahan tetangga tidak sesuai dengan konsep maslahah, karena larangan tersebut tidak membawa manfaat dan hanya akan mempersulit keinginan untuk menyalurkan seseorang mencari jodoh atau melakukan pernikahan. Sehingga dapat dilakukan dan tidak termasuk dalam larangan nikah . Key word: tradition, Marriage Ban, Islamic law, ‘urf.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x4 Fikih
2x Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Ahwalus Syakhsiyyah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 28 Apr 2017 05:04
Last Modified: 28 Apr 2017 05:04
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item