STRATEGI PEMBINAAN KEAGAMAAN UNTUK MENGELOLA STRES PADA REMAJA DALAM MENGHADAPI PEMBELARAN JARAK JAUH DIMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Komunitas Penggerak Pembina Generus Klaten)

MARSANTI, ADITYA DWI and Kholillurrohman, Kholillurrohman (2022) STRATEGI PEMBINAAN KEAGAMAAN UNTUK MENGELOLA STRES PADA REMAJA DALAM MENGHADAPI PEMBELARAN JARAK JAUH DIMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Komunitas Penggerak Pembina Generus Klaten). Skripsi thesis, UIN Raden Mas Said Surakarta.

[img] Text
ADITYA DWI MARSANTI_151221176 - Ditya Dwi.pdf

Download (872kB)

Abstract

ABSTRAK Aditya Dwi Marsanti (151221176). Strategi Pembinaan Keagamaan Untuk Mengelola Stres pada Remaja dalam Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Komunitas Penggerak Pembina Generus Klaten). Skripsi: Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2022. Saat ini dunia telah mengalami kondisi menggemparkan dimana sebuah virus yang disebut dengan Covid-19 ini menyebar dengan cepat hingga mampu membunuh banyak orang tanpa memandang umur. Oleh karena itu pemerintah membuat kebijakan untuk melakukan social distancing guna mengendalikan penyebaran virus, dimana masyarakat dianjurkan untuk tetap berada dirumah, baik itu bekerja maupun sekolah. Selama melakukan work from home tentunya masyarakat, tanpa terkecuali remaja semakin lama akan merasa jenuh dikarenakan lebih banyak menghabiskan waktu dirumah dan jarang keluar, bahkan untuk bertemu dan bersenda gurau dengan teman terasa kurang memuaskan karena hanya melalui media sosial. Dari sinilah, semakin lama rasa jenuh tersebut menumpuk hingga menyebabkan stres yang mana juga berdampak terhadap kemampuan akademik remaja, sehingga untuk itu diperlukan cara untuk mengatasi dan mengelola rasa tersebut sebelum semakin parah. Untuk mengurangi atau mengelola stres dalam menghadapi pandemi maka Komunitas Penggerak Pembina Generus Klaten melakukan pembinaan yang berupa pembinaan keagamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembinaan keagamaan untuk mengelola stres pada remaja dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh di Komunitas Penggerak Pembina Generus Klaten. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan membuat gambaran yang sistematis mengenai masalah penelitian. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 (dua) Pembina keagamaan di Komunitas Penggerak Pembina Generus Klaten dan 3 (tiga) remaja. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dibandingkan (triangulasi data) kemudian dianalisis secara bertahap (mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembinaan keagamaan untuk menangani remaja yang kesulitan mengelola stres, pertama yaitu dengan pendekatan terhadap remaja. Kedua, dengan keteladanan. Ketiga, dengan pembiasaan, remaja dibiasakan dengan hal-hal yang baik. Faktor pendukung dalam pembinaan keagamaan remaja yang kesulitan mengelola stres diantaranya yaitu dengan adanya figur yang dijadikan sebagai panutan atau contoh. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya perhatian orang tua terhadap anak dan faktor ekonomi Kata Kunci: Pembinaan Keagamaan, Mengelola Stres, Remaja, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.2 Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Suwardi Abdullah
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:16
Last Modified: 08 Mar 2023 01:16
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/4506

Actions (login required)

View Item View Item