STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA AMIL ZAKAT SUKOHARJO DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT MEMBAYAR ZAKAT

ANSHORULLOH, ABDURROHMAN and ZUHRIYA, RHESA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA AMIL ZAKAT SUKOHARJO DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT MEMBAYAR ZAKAT. Skripsi thesis, UIN Raden Mas Said Surakarta.

[img] Text
Abdurrohman Full Teks Skripsi - Aan Abdurzman.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Abdurrohman Anshorulloh, 15.12.11.140, Strategi Komunikasi Lembaga Amil Zakat Sukoharjo Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Zakat, Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2022 Dalam penelitian ini peneliti mengidentifikasi beberapa masalah yaitu Belum optimalnya strategi komunikasi lembaga amil zakat, Kurangnya edukasi dan branding Lembaga Amil Zakat kepada masyarakat, banyaknya Lembaga Amil Zakat di Solo Raya. Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana strategi komunikasi lembaga amil zakat sukoharjo dalam meningkatkan kesadaran masyarakat membayar zakat. Penelitian ini merupakan penilitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, peneliti melakukan pengumpulan data melalui observasi dengan mendatangi langsung kantor LAZ Sukoharjo sebagai tempat studi data penelitian. Setelah itu peneliti melakukan wawancara dengan memilih narasumber yang dianggap tepat dapat memberikan informasi dan dokumentasi. Peneliti juga mengambil beberapa data yang berasal dari buku buku, internet dan sebagainya yang bersangkutan dengan penelitian yang dilakukan. Temuan peneliti pada penelitian ini yaitu strategi komunikasi yang dilakukan LAZ Sukoharjo dalam meningkatkan kesadaran masyarakat membayar zakat yaitu perencanaan dan manajemen. Proses perencanaan dilakukan oleh Manager dan seluruh tim terkhusus tim marketing dan zis consultant dengan melakukan kordinasi setiap bulan dan proses evaluasi agar berjalan dengan baik saat pelaksanaan. Manajemen strategi komunikasi yang dilakukan yang pertama, menentukan khalayak yaitu para muzakki atau calon donatur, kedua menyusun pesan yang akan disampaikan dalam proses sosialisasi kepada komunikan, ketiga menetapkan metode, terakhir menetapkan media komunikasi dalam proses pengiriman informasi kepada komunikan. Strategi komunikasi ini bertujuan agar para muzzaki berkenan untuk membayar Zakat melalui LAZ Sukoharjo. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Lembaga Amil Zakat, Sukoharjo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Suwardi Abdullah
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:07
Last Modified: 28 Feb 2023 04:07
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/4498

Actions (login required)

View Item View Item