KONSTRUKSI METODE TA`WÎL ABÛ HÂMID AL-GHAZÂLÎ HUJJATUL ISLÂM DALAM MENAFSIRKAN AYAT MUTASYÂBIHÂT DAN PEMAKNAAN ESOTERIS

Muhammad, Amrulloh and Prof. Dr. H., Nashruddin Baidan, and Dr, H. Moh. Abdul Kholiq Hasan, M.A. M.Ed (2017) KONSTRUKSI METODE TA`WÎL ABÛ HÂMID AL-GHAZÂLÎ HUJJATUL ISLÂM DALAM MENAFSIRKAN AYAT MUTASYÂBIHÂT DAN PEMAKNAAN ESOTERIS. Masters thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
3. Muhammad Amrulloh.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Abstrak Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Apa, bagaimana konsep dan Konstruksi metode ta`wîl al-Qur`ân menurut pemikiran al-Ghazâlî terhadap ayat mutasyâbihât dan pemaknaan esoteris?, di mana pembatasannya ada pada dua masalah yaitu: apa metode ta`wîl-nya untuk memahami ayat mutasyâbihât, dan dalam menyingkap pemaknaan batin (esoteris) al-Qur`ân. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan kembali konstruksi metode ta`wîl al-Qur`ân yang pernah diajukan oleh Abû Hâmid al-Ghazâlî, khususnya menyangkut ta`wîl terhadap ayat mutasyâbihât dan ta`wîl pemaknaan batin al-Qur`ân. kemudian Menganalisis relevansi metode ta`wîl al-Ghazâlî bagi tantangan problematika kehidupan di era kontemporer yang mana telah menjadi pangkal saling mengkafirkan di antara masing-masing pengikut mazhab. Dalam menjawab permasalahan tersebut maka Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif-analitis, data-data dalam penelitian ini bersumber pada bahan-bahan kepustakaan yang terdiri dari: 1) sumber primer yaitu Faishal al-Tafriqah baina alIslâm wa al-Zandaqah, Ihyâ` ‘Ulûm al-Dîn dan karya-karya al-Ghazâlî yang lain, 2) sumber sekunder berupa kitab-kitab yang mendukung sumber-sumber primer seperti al-Munqidz min al-Dlalâl dan data kajian-kajian pustaka terdahulu yang pernah dilakukan. Data tersebut dikumpulkan dengan metode menelaah dan mencatat. Kemudian data-data tersebut dianalisis dengan metode analisis historis. Pen-ta`wîl-an menurut al-Ghazâlî dapat dibedakan menjadi dua kelompok menurut tingkat intelegensinya, yaitu awam dan ‘âlim/‘ârif. Dan pen-ta`wîl-an ayat mutasyâbihât dengan esoteris dapat diketahui melalui konstruksinya yang terstruktur dan berjenjang dalam kerangka lima stratifikasi wujud, yakni: wujud dzâtî, wujud hissî, wujud khayâlî, wujud ‘aqlî dan wujud syabahî. Sedangkan jenjang pemaknaan esoteris adalah Pertama merupakan kesempurnaan yang dapat dicapai setelah melampaui makna eksoterisnya. Kedua, makna esoteris itu, tidak bertentangan dengan akal. Ketiga, makna esoteris tidak berakibat membatalkan ketentuan-ketentuan syariat Islam. Dengan model pen-ta`wîl-an secara berjenjang dan terstruktur di atas, tidak seorang pun, tegas al-Ghazâlî, dapat dikafirkan selama ta`wîl-nya tidak ke luar dari lima stratifikasi wujud dan tiga jenjang pemaknaan esoteris yang ada. Melalui rumusan masalah yang diajukan dapat memberikan kesimpulan, bahwa metode ta‟wil al-Qur`ân yang dikembangkang al-Ghazali dalam memahami ayat mutasyâbihât maupun untuk menyingkap pemaknaan esoteris, mampu meniscayakan lahirnya sikap toleran terhadap pluralitas pemahaman, tanpa ada sikap saling mengklaim kebenaran. Selanjutnya, dengan metode ta`wîl yang ditawarkan al-Ghazâlî, maka kegiatan eksplorasi makna-makna yang terkandung dalam kitab suci al-Qur`ân menjadi suatu aktivitas yang tidak pernah akan berakhir. Kata Kunci: Ta`wîl, Ayat Mutasyâbihât, Makna Esoteris, Abû Hâmid al-Ghazâlî. Abstract The issued that examined in this study is the concepts and construction of method in ta`wîl al-Qur`ân according to the thinking of al-Ghazâlî on matter of mutasyâbihât and esoteric meanings?, the study is restrictied on two issues, namely: the method of ta`wîl to understand ayat mutasyâbihât and discovering the inner meanings (esoteric) al-Qur`ân. The purpose of this study is to explain the reconstruction method of ta`wîl that adobted and was developed by al-Ghazali especially concerning the ta`wîl on ayat mutasyâbihât and the ta`wîl of inner meaning al-Qur`ân. And than to analyse it‟s relevance to the challenge of takfir which spread in each follower of madzhab. in response to this issue this study was qualitative descriptive analytic library research. The source of data in this study was devided into two: 1) primary source consisted of Faishal al-Tafriqah baina al-Islâm wa al-Zandaqah, Ihyâ` ‘Ulûm al-Dîn and another al-Ghazâlî books, 2) secondary source consisted of books that support the primary sources. The data were collected by reviewing that sources, and analyzed by a historical analysis techniques. Al-Ghazâlî considers that ta`wîl's can be divided into two groups according to the level of intelligence, namely awam and ‘âlim/‘ârif. The ta`wîl's of the article of mutasyâbihât with esoteric verse can be known through the construction of structured and tiered stratification within the framework of the five forms, namely: form of dzâtî, hissî, khayâlî, ‘aqlî and syabahî. Meanwhile, the first level is the esoteric meaning of perfection that can be achieved after surpassing the esoteric meaning. Second, the esoteric meaning is not against the mind. Third, the esoteric meaning does not result in canceling the provisions of Islamic Syari'a. Based on the ta`wîl's gradually and structured above, nobody, confirmed by Al-Ghazâlî, may be referred as kafir as long as ta`wîl is not out of the five stratification shape and the three levels of existing esoteric meaning. Through this formulation it enable to give a conclusion that the concept of method of ta'wil that developed by al-Ghazâlî in both to understand and to reveal the paragraph of mutasyâbihât esoteric meaning, brings the birth of a tolerant attitude towards the plurality of understanding, with no mutual claims of truth. Furthermore, the method of ta`wîl offered by al-Ghazâlî, the exploration of the meanings contained in the holy books of al-Qur`ân becomes an activity that will never end. Keyword: Ta`wîl, The Article of Mutasyâbihât, Esoteric Meaning, Abû Hâmid al-Ghazâlî. ملخص ىذا بحث مكتبي يبحث عن قضيّة التأويل الآيات الدتشابهات والدعانى الباطنية عند الغزالي بناء ومبدأ، حيث أن البحث تنحصر في مجلتين عن التأويل تعني منهج الفهم وكشف عن الدعاني الباطنية، و الغاية في ىذا البحث بيان بناء الدنهج تأويل القرآن عند الغزالي وبالخصوص عن التأويل الآيات الدتشابهات والدعانى الباطنية. وبالتالي تحليل مناسبتها في مواجهة ومكافحة التحديات الدعاصرة لقضية التكفير عند أتباع الدذاىب. ولأجل تحليل ىذه القضيّة يكون البحث مكتبيا. ومصادره تتكون من الدصادر الرئيسية والثانوية. فيقوم الباحث بجمع الدعلومات من تلك الدصادر ثم يحللها بطريقة التحليل التاريخي. كان تأويل الآيات الدتشابهات عند الغزالي نظرا إلى أىلية الدؤّولبن من حيث العّوام و العارف. و تأويل آيات متشابهات بالدعانى الباطنية كان من خلال الطبقات و الدرجات في الأشكال الخمسة، وىي: الّذاتى والح ّسي والخيالي والعقلى والشبهى. وأّما طبقات الدعانى الباطنية فهي كما يلي: الأولى أن تكون الدعانى الباطنية في كمال وذالك بعد تجاوز الدعانى الظاىرية. الثانية أن تكون الدعانى الباطنية لا يتعارض مع العقل. الثالثة أن تكون الدعانى الباطنية لا يؤدي إلى إلغاء أحكام الشريعة الإسلامية (أحكام فقهية). وبهذه الطريقة، قّررالغزالي أنو ليس لأحد أن يكفر غيره مادام التأويل لا يخرج من مدار تلك الطبقات الدذكورة. وبعد صياغة القضية نستطيع أن نستنتج بأن منهج التأويل التي أنشأىا الغزالي في طريقة التأويل القرآن لفهم وكشف آيات متشابهات ومعانية باطنية، ويرجو من ىذا الأسلوب من التأويل ظهور روح التسامخ في الفهم والعمل بها بالآيات الدتشابهات بدون تطلبات وانحياز الأنانية. الكلمات الرئيسة: التأويل، آيات متشابهات، والدعانى الباطنية ، أبو حامد الغزالي

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x Islam > 2x1 Al Quran dan Ilmu Terkait
2x Islam > 2x2 Hadist dan Ilmu Terkait
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 12 Apr 2017 05:53
Last Modified: 12 Apr 2017 05:53
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item View Item