NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEMBANG DOLANAN JAWA LIR-ILIR, SLUKU-SLUKU BATHOK, DAN GUNDUL- GUNDUL PACUL)

HUDA, MUHAMAD SYAFI’UL and ALY, MASHAR (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEMBANG DOLANAN JAWA LIR-ILIR, SLUKU-SLUKU BATHOK, DAN GUNDUL- GUNDUL PACUL). skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-MUHAMMAD SYAFIUL HUDA-153111024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Muhamad Syafi’ul Huda. (153111024). “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Tembang Dolanan Jawa Lir-Ilir, Sluku-Sluku Bathok Dan Gundul-Gundul Pacul”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, fakultas Ilmu Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Pembimbing Utama bapak Aly Mashar, S.Pd.I., M.Hum. Kata kunci: Nilai-nilai, Pendidikan karakter, Tembang Dolanan Jawa. Salah satu contoh produk budaya yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter adalah karya sastra. Salah satu Karya sastra ini berupa tembang dolanan Jawa, karya sastra ini menjadi salah satu cara Walisongo dalam berdakwah, dan kandungan sangat efektif digunakan sebagai penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di era globalisasi ini. Tidak hanya sebagai penanaman nilai pendidikan karakter saja, namun sekaligus juga mengangkat kembali budaya-budaya leluhur yang berupa tembang dolanan Jawa seperti lir-ilir, sluku-sluku bathok dan gundul-gundul pacul, supaya tidak dilupakan oleh generasi modern ini. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam tembang dolanan Jawa lir-ilir, sluku-sluku bathok dan gundul-gundul pacul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Prosedur penelitian berdasarkan pada data-data kepustakaan, yang diambil dari sumber primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dokumentasi. Hasil penelitian tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam tembang dolanan Jawa lir-ilir, sluku-sluku bathok dan gundul-gundul pacul terdapat tujuh nilai pendidikan karakter yang dijelaskan sebagai berikut; (pertama), karakter relegius, Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleren terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. (kedua) karakter kemandirian, Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. (ketiga) karakter tanggung jawab, Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan Negara dan Tuhan Yang Maha Esa. (keempat) karakter kerja keras, Perilaku yang menunjukkan upaya yang sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. (kelima) karakter menghargai prestasi, Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain. (keenam) karakter, Perilaku yang selalu menghargai keberadaan orang lain, perilaku yang suka memuliakan orang lain, perilaku yang suka mendahulukan kepentingan orang lain, perilaku yang selalu suka menghargai pendapat orang lain. (ketujuh) karakter kepemimpinan, sikap mempengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 27 Feb 2019 00:40
Last Modified: 27 Feb 2019 00:40
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3365

Actions (login required)

View Item View Item