HUBUNGAN KEAKTIFAN MEMBACA BUKU PELAJARAN DENGAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDIT AMANAH KETITANG JUWIRING KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Susanto, Nico Age and Dr., Retno Wahyuningsih, S.Si., M.Pd. (2018) HUBUNGAN KEAKTIFAN MEMBACA BUKU PELAJARAN DENGAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDIT AMANAH KETITANG JUWIRING KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NICO AGE SUSANTO komplit.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nico Age Susanto, 2018, Hubungan Keaktifan Membaca Buku Pelajaran Dengan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas III SDIT Amanah Ketitang Juwiring Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019, Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibthidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Suyatman, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Keaktifan Membaca Buku Pelajaran dan Pemahaman Mata Pelajaran IPA. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam membaca buku terutama buku pelajaran IPA. Hal ini mengakibatkan kurangnya Pemahaman yang diperoleh siswa dan membuat kurang tercapainya prestasi belajar yang diperoleh siswa terutama pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui keaktifan membaca buku pelajaran pada siswa kelas III di SDIT Amanah Juwiring Klaten, 2) Mengetahui Pemahaman mata pelajaran IPA pada siswa kelas III di SDIT Amanah Juwiring Klaten, 3) Mengetahui hubungan antara keaktifan membaca buku pelajaran dengan Pemahaman mata pelajaran IPA pada siswa kelas III di SDIT Amanah Juwiring Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Tempat penelitian di SDIT Amanah Juwiring Klaten. Waktu penelitian pada bulan Januari 2018 sampai dengan bulan Oktober 2018. Sampel yang digunakan sebanyak 37 siswa yang dicari dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket untuk memperoleh data keaktifam membaca buku pelajaran, metode uji tes untuk memperoleh data tentang Pemahaman siswa kelas III pada mata pelajaran IPA. Teknik analisis data menggunakan analisis unit (mean, median dan modus), uji normalitas menggunakan uji liliefors dan pengujian hipotesis menggunakan rumus product moment. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan,maka dapat diperoleh data: 1) keaktifan membaca buku pelajaran yang dimiliki siswa kelas III di SDIT Amanah Ketitang Juwiring Klaten pada Tahun pelajaran 2018/2019 tergolong dalam kategori sedang, 2) Pemahaman mata pelajaran IPA yang dimiliki siswa kelas III di SDIT Amanah Ketitang Juwiring Klaten pada Tahun pelajaran 2018/2019 tergolong dalam kategori sedang, 3) terdapat hubungan positif antara keaktifan membaca buku pelajaran dengan Pemahaman mata pelajaran IPA siswa kelas III di SDIT Amanah Ketitang Juwiring Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh nilai r hitung 0,974 > r tabel 0.325. Hal ini menunjukan semakin tinggi tingkat keaktifan siswa membaca buku pelajaran maka semakin tinggi tingkat Pemahaman materi mata pelajaran IPA pada siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 26 Feb 2019 01:02
Last Modified: 26 Feb 2019 01:02
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3277

Actions (login required)

View Item View Item