MANAJEMEN PELAYANAN KEPALA MADRASAH IBTIDAIYYAH TAHASSUS MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA PEDAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Hadi, Samsul and Dr., Moh. Bisri, M.Pd., (2018) MANAJEMEN PELAYANAN KEPALA MADRASAH IBTIDAIYYAH TAHASSUS MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA PEDAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SAMSUL HADI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis: 1). Manajemen pelayanan kepala madrasah Ibtidaiyyah Tahassus Ma’arif Nahdlatul Ulama Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018. 2). Kendala manajemen pelayanan kepala Madrasah Ibtidaiyyah Tahassus Ma’arif Nahdlatul Ulama Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018. 3). Solusi yang diberikan manajemen pelayanan kepala Madrasah Ibtidaiyyah Tahassus Ma’arif Nahdlatul Ulama Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MI Tahassus Ma’arif Nahdlatul Ulama Pedan Klaten mulai bulan Juni sampai Juli 2017. Adapun subyek penelitian adalah kepala madrasah, Informan penelitian adalah: Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Pedan Klaten, salah satu seorang guru, dan salah satu seorang wali murid. Teknik pengumpulan data meliputi :wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan metode Triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian mengungkap bahwa : 1). Manajemen pelayanan kepala Madrasah Ibtidaiyyah Tahassus Ma’arif Nahdlatul Ulama Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui empat tahapan fungsi manajemen. Tahapan fungsi tersebut adalah: a). Perencanaan yang memuat pijakan filosofi, target, dan langkah-langkah pelayanan. b). Pengorganisasian yang meliputi merinci, membedakan, mengelompokkan, menyamakan tujuan, menempatkan penanggung-jawab, dan memberikan tugas khusus pekerjaan pelayanan. c). Pelaksanaan meliputi memimpin saat penyambutan, pembelajaran, waktu istirahat dan kepulangan siswa d). Evaluasi meliputi pengumpulan informasi dan tindak lanjut. 2) Kendala dikelompokan dua hal yaitu kendala fisik dan non fisik. 3) Solusi manajemen pelayanan kepala madrasah Ibtidaiyyah Tahassus Ma’arif Nahdlatul Ulama Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018 tentang kendala fisik adalah memimpin pengumpulan dana dan pembelajaran dengan PAIKEM dan metode pembelajaran indoor-outdoor. Adapun solusi kendala non fisik adalah memimpin perbaikan kinerja guru dan pembinaan siswa secara intensif. Kata kunci : Manajemen, Pelayanan, dan Kepala Madrasah

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:53
Last Modified: 20 Feb 2019 01:53
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3230

Actions (login required)

View Item View Item