MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MAN KARANGANOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Munjamil, Achmat and Dr., Moh. Bisri, M.Pd., (2018) MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MAN KARANGANOM KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
ACHMAT MUNJAMIL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan mengenai : (1) manajemen sarana prasarana pembelajaran; (2) hambatan-hambatan dalam manajemen sarana prasarana pembelajaran; (3) solusi-solusi yang dilakukan untuk menyelesaikan hambatan-hambatan dalam manajemen sarana prasarana pembelajaran di MAN Karanganom Klaten tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian di MAN Karanganom Klaten tahun pelajaran 2016/2017 pada bulan Septembar-Oktober 2017. Subyek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, sedang sebagai informan adalah wakil kepala madrasah bagian urusan sarana dan prasarana, kepala laboratorium, kepala perpustakaan, para guru. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model interaktif, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan Manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MAN Karanganom Klaten pada tahun pelajaran 2016/2017 sudah dilaksnakan dengan baik sesuai dengan teori manajemen yang ada meliputi: Perencanaan, yaitu kepala madrasah telah membagi tugas kepada wakil kepala madrasah, kepala laboratorium, kepala perpustakaan untuk membuat program kerja yang disahkan oleh kepala madrasah; Pengadaan, yaitu dengan bimbingan kepala madrasah wakil kepala madrasah, kepala laboratorium, kepala perpustakaan merealisasikan rencana yang ada dalam waktu satu tahun anggaran; Penginventarisasian, yaitu sudah dibuat pengkodean, penomoran sesuai urut pengadaan dan tahun; Penyimpanan yaitu sudah diadakan penyimpanan agar tetap berdaya guna; Penataan, yaitu diatur sesuai dengan fungsi dan kegunaannya; Penggunaan yaitu sudah dikelola agar mudah dalam penggunaannya; Pemeliharaan yaitu sudah diadakan perawatan agar awet dan dapat digunakan (2) Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam manajemen sarana prasarana adalah belum ada kerja sama dari semua unsur akademika madrasah karena tidak ada sosialisasi rencana, pembiayaan yang belum seimbang antara kebutuhan dan ketersediaan dana (3) Solusi-solusi yang dilaksanakan untuk menyelesaikan hambatan-hambatan adalah diadakan sosialisasi terhadap perencanaan sarana prasarana diawal tahun, diadakan pengusulan penyediaan dana yang seimbang pada DIPA tahun selanjutnya. Kata kunci: manajemen, sarana prasarana, MAN Karanganom Klaten.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:53
Last Modified: 20 Feb 2019 01:53
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3228

Actions (login required)

View Item View Item