IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI MANGKUYUDAN NO. 2 LAWEYAN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

Sari, Usfah Asfia and Dr., Nurisman M.Ag (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI MANGKUYUDAN NO. 2 LAWEYAN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
USFAH ASFIA SARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi program kerja kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan pada standar pendidik dan tenaga kependidikan dan pada standar sarana dan parasarana di SD Negeri Mangkuyudan No. 2 Laweyan Kota Surakarta. (2) Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam implementasi program kerja kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan pada standar pendidik dan tenaga kependidikan dan pada standar sarana dan parasarana di SD Negeri Mangkuyudan No. 2 Laweyan Kota Surakarta. (3) Solusi dalam menghadapi hambatan–hambatan implementasi program kerja kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan pada standar pendidik dan tenaga kependidikan dan pada standar sarana dan parasarana di SD Negeri Mangkuyudan No. 2 Laweyan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dilakukan di SD Negeri Mangkuyudan No. 2 Laweyan Surakarta pada bulan Nopember 2017 sampai Maret 2018, Subyek dan informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Karyawan Sekolah di SD Negeri Mangkuyudan No. 2 Laweyan Surakarta. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi metode, selanjutnya dianalisis dengan model interaktif dengan tiga tahapan yaitu melalui reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Implementasi program kerja kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Mangkuyudan No. 2 Laweyan Kota Surakarta pada standar pendidik dan tenaga kependidikan dilakukan dengan menambah jam mengajar guru, memberi tanggung jawab sebagai guru ekstrakurikurer, pelatihan IT, mengikutsertakan melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan baik bagi guru dan karyawan melalui diklat, workshop, dan mengikuti lomba Olimpiade Guru Nasional (OGN). Peningkatan karyawan juga melalui diklat, workshop baik pengelolaan keuangan, asset, dan peningkatan kompetensi dalam bidang teknologi dengan materi yang berbeda. Pada standar sarana dan prasarana dilakukan melalui kegiatan perencanaan, pengadaan, penginventarisan, pemeliharaan, dan penghapusan sarana dan prasarana yang sudah tidak terpakai (rusak). (2) Hambatan yang dihadapi pada standar pendidik dan tenaga kependidikan yaitu: belum semua guru mengikuti diklat KURIKULUM 2013, masih minimnya kemampuan guru dalam penguasaan IT, belum semua pendidik memiliki kualifikasi S1, alokasi dana dalam pelaksanaannya. Pada standar sarana dan prasarana yaitu: Kurangnya Lahan, keterbatasan alokasi dana, tidak adanya tenaga khusus yang dimiliki sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana. (3) Solusi pada standar pendidik dan tenaga kependidikan yang dilakukan yaitu: meningkatkan profesionalisme guru melalui KKG, diklat, workshop, mengikuti seminar pendidikan untuk PTK, dan mengikuti lomba Olimpiade Guru Nasional (OGN). Sedangkan kepada karyawan melalui diklat, bimtek, workshop, baik pengelolaan keuangan, asset, peningkatan kompetensi dalam bidang teknologi tetapi dengan materi yang berbeda. Pada standar sarana dan prasarana yaitu: pengajuan rehab kepada pemerintah, kerja sama dengan komite, dan orang tua siswa, mengangkat guru honorer sebagai petugas khusus mendata, menyimpan, dan merawat sarana dan prasarana yang ada. Kata Kunci: Program Kerja, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:53
Last Modified: 20 Feb 2019 01:53
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3222

Actions (login required)

View Item View Item