REKONSTRUKSI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENINGKATAN MUTU DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN UTARA KLATEN

Salamah, Umi and Dr., Imam Makruf, M.Pd (2018) REKONSTRUKSI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENINGKATAN MUTU DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN UTARA KLATEN. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
UMI SALAMAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam tentang 1.Bagaimana Rekonstruksi manajemen pendidikan Islam, 2. Bagaimana Implementasi Mnajemen Mutu Terpadu, 3. Faktor –faktor apa saja yang menghambat dan mendukungdalam pelaksanaan manajemen peningkatan mutu terpadu di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Plus Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara. Bulan Oktober sampai dengan Nopember 2017. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah. Sedangkan informan penelitian adalah Wakil Kepala Sekolah, guru, siswa, orang tua siswa. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data menggunakan tehnik trianggulasi metode dan sumber. Analisa data menggunakan teknik model analisa interatif terdiri; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut:1). Pelaksanaan rekontruksi manajemen pendidikan Islam di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara sudah memadai dalam kaitannya dengan pola manajemen pendidikan Islamnya, karena telah melakukan upaya pemberdayaan di semua komponen manajemen pendidikan Islam, di antaranya yaitu: kurikulum dan program pengajaran, tenaga kependidikan, kesiswaan, keuangan dan pembiayaan, sarana dan prasarana pendidikan, kerja sama sekolah dan masyarakat, serta pelayanan khusus lembaga pendidikan. 2).Implementasi manajemen mutu di SMP Muhammadiyah Plus Klaten bila ditinjau dari unsur-unsur Total Quality Management (TQM) yang meliputi: (a) focus kepada pelanggan, (b) peningkatan terhadap kualitas, (c) kerjasama dalam team work,maka dapat dikatakan bahwa sekolah tersebut telah menerapkan manajemen mutu. 3). faktor-faktor yang menghambat dan mendukung dalam Peningkatan mutu layanan sekolah dilakukan dengan menyusun rencana strategis yang diwujudkan dalam rencana pengembangan yang memuat isi, misi, dan tujuan serta program strategis sekolah maupun adanya pembagian tugas yang jelas. Peserta didik dilayani dengan baik mulai dari proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas misalnya dengan pembiasaan shalat dhuha, jamaah sholat dhuhur dan kegiatan ekstrakurikuler. Dengan demikian mutu pelayanan di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara dalam taraf memuaskan. Kata Kunci: Rekonstruksi, Manajemen Pendidikan

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:53
Last Modified: 20 Feb 2019 01:53
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item View Item