PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH CANDIREJO, KECAMATAN NGAWEN, KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nangimah, Umi and Dr. H., Baidi, M.Pd (2018) PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH CANDIREJO, KECAMATAN NGAWEN, KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
UMI NANGIMAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan supervisi klinis, 2) Hambatan dalam pelaksanaan supervisi klinis, 3) Solusi untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan supervisi klinis di MI Muhammadiyah Candirejo Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Bertempat di MI Muhammadiyah Candirejo Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten. Pada bulan Desember 2017 sampai dengan bulan April 2018. Subyek dalam penelitian ini adalah pengawas, sedangkan informan adalah kepala madrasah, guru dan sebagian peserta didik. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif dari Miles dan Huberman, yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan supervisi klinis administrasi pengajaran dan proses pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru al Qur’an Hadits, melalui tahapan perencanaan; pelaksanaan; dan monitoring serta evaluasi. Setelah menjalani supervisi klinis, guru memiliki wawasan tentang metode pembelajaran dan media pembelajaran. 2) Hambatan pelaksanaan supervise klinis antar lain: (a) terlalu banyak guru yang harus disupervisi klinis; (b) kurangnya waktu supervisi klinis; (c) masih banyak kelemahan guru dalam PBM dan administrasi akademik; (d)guru terkadang merasa kurang siap dan terganggu karena belum terbiasa disupervisi klinis; (e) penilaian hanya secara formatif saja; (f)Guru terbatas kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar; dan (g) sebagian RPP-nya copy paste. 3) Solusi terhadap hambatan, yaitu: (a) membuat jadwal yang sesuai dengan kondisi guru dan pengawas; (b) solusi yang diberikan oleh pengawas menyesuaikan dari permasalahan yang dihadapi oleh guru,; (c) solusi yang diberikan diklasifikasikan dan dibuat prioritas penyelesaian,; (d) Melibatkan guru dan kepala madrasah dalam pelaksanaan supervisi klinis; (e) solusi diberikan dengan mempertimbangkan aspek psikologis, sosiologis, religius, kenyamanan dan lainnya; (f)peran kepala sekolah dengan adanya pembinaan secara rutin, bertahap dan berkelanjutan; dan (g) melakukan studi komparatif visitasi ke sekolah-sekolah yang lebih maju. Kata kunci : Pelaksanaan supervisi klinis

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:53
Last Modified: 20 Feb 2019 01:53
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3220

Actions (login required)

View Item View Item