MANAJEMEN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AL ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN 2017

Hamdan, Umar and Dr. Moh., Bisri, M.Pd (2018) MANAJEMEN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AL ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN 2017. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
UMAR HAMDAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk mengetahui (1) Pemanfaatan Media Pembelajaran pada mata pelajaran Al Islam (2) Faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan Media pembelajaran pada mata pelajaran Al Islam (3)Solusi dalam menghadapi penghambat Manajemen Pemanfaatan MediaPembelajaran pada mata pelajaran Al Islam di SMA Muhammadiyah 1 Klaten tahun 2017. Jenis peelitian ini adalah deskriftif analisis dengan menggunakanpendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Klatenpada bulan September - Oktober 2017. Dalam penelitian ini yang menjadi subjekpenelitian adalah guru Al Islam di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Sedangkaninforman dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan yang dapat memberikaninformasi yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahandata dengan menggunakan trianggulasi sumber. Dan analisa data denganmenggunakan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi datapenyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran Al Islam di SMA Muhammadiyah 1 Klaten telahdilaksanakan dengan baik dikarenakan adanya faktor-faktor: 1) tersedianya media pembelajaran yang beragam termasuk masing-masing guru telah mampu menggunakan komputer meskipun belum mahir, dan agar semua guru meningkat penguasaan teknologinya maka pimpinan sekolah memotivasi dengan mengikuti inhouse training atau pelatihan di luar sekolah berkenaan dengan teknologi informasi2) ruang kelas yang dulu terasa panas, sekarang telah dilengkapi dengan AC sehingga belajar menjadi nyaman tidak lagi sumpek dan panas, 3) kondisi daya listrik yang dulu sering mati karena dayanya kurang yang secara otomatis menjadikan pembelajaran terganggu, sekarang pimpinan sekolah telah mengusahakan penambahan daya sehingga listrikpun telah dapat teratasi dengan baik. Kata Kunci: Manajemen,pemanfaatandan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:53
Last Modified: 20 Feb 2019 01:53
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3219

Actions (login required)

View Item View Item