MANAJEMEN PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TAWANGSARI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Aminah, Sri and Dr. H., Baidi, M.Pd (2018) MANAJEMEN PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TAWANGSARI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SRI AMINAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Manajemen pemanfaatan sarana dan prasarana dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) hambatan dalam melaksanakan manajemen pemanfaatan sarana dan prasana dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 3) Solusi mengatasi hambatan melaksanakan manajemen pemanfaatan sarana dan prasana pembelajaran PAI di SMPN 2 Tawangsari Kecamatan tahun pelajan 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Bertempat di SMP Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Pada bulan Januari sampai April 2018. Subyek dalam penelitian ini adalah wakil kepala bidang sarpras. Sedangkan informan adalah kepala sekolah, guru PAI dan sebagian peserta didik. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, untuk analisis data dengan model interaktif dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan bersimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Manajemen sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran PAI meliputi (a) Perencanaan program melalui serangkaian tahapan yaitu rapat koordinasi sekolah, penetapan program sekolah, serta penetapan kebutuhan pendidikan. (b) Pengorganisasian pengaturan struktur organisasi pengelola sarana dan prasarana, pembagian tugas kerja/job deskripsi, pengaturan alat dan bahan praktek, serta pengaturan kegiatan praktek. (c) Pelaksanaan pengelolaan : (1) Pengadaan dana BOS atau donatur. (2) Pemeliharaan dengan pengecekan berkala, perbaikan berdasarkan kondisi bangunan agar dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan kondisi yang baik. (3) Penghapusan dilakukan sesuai kondisi barang yang sudah tidak terpakai agar tidak memenuhi tempat. (d) Pengontrolan dengan inventarisasi 2) Hambatan dalam manajemen pemanfaatan sarana dan prasarana dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Tawangsari : (a) Tempat penyimpanan membutuhkan dana untuk dilakukan perluasan maupun perbaikan. (b) kurangnya tenaga administrasi khususnya untuk pengelolaan sarana dan prasarana. 3) Solusi dalam memecahkan hambatan yaitu : (a) Mengoptimalkan keterbatasan tenaga, penentuan skala prioritas sesuai dengan anggaran yang ada. (b) Masalah tenaga administrasi yang dihadapi sekolah yaitu dengan mengikutsertakan tenaga yang ada dalam kursus atau diklat secara resmi dari dinas maupun luar agar dapat mengoptimalkan kinerjanya. Kata kunci : Manajemen pemanfaatan sarana prasarana

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:52
Last Modified: 20 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3214

Actions (login required)

View Item View Item