MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA DI MADRASAH ALIYAH ( MA) MUHAMMADIYAH KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Fatonah, Siti and Dr. H., Kholilurrohman, M.Si (2018) MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA DI MADRASAH ALIYAH ( MA) MUHAMMADIYAH KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SITI FATHONAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : 1) Manajemen boarding school. 2) Hambatan yang dialami dalam manajemen boarding school. 3) Solusi dari hambatan yang dialami dalam manajemen boarding school di Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah kabupaten Klaten dalam peningkatan prestasi siswa tahun pelajaran 2017/2018.Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Klaten, pada Bulan Oktober sampai Desember 2017. Subyek penelitian adalah Kepala madrasah. Informan siswa, guru, dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan triaggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan metode interaktif, pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkap mengenai 1) Manajemen boarding school di MAM Klaten terbagi dalam 4 tahapan : a) menyusun program-program andalan yang akan dilaksanakan, b) membuat program-program dalam susunan yang lebih terjadwal, c) pelaksanaan dilakukan secara keseluruhan oleh pihak pesantren. Hanya kegiatan belajar mengajarnya saja yang dilakukan di sekolah, d) Evaluasi juga dilakukan bersama oleh kepala madrasah dengan kepala pondok pesantren. 2) Hambatan dalam manajemen Boarding School di MAM Klaten : a) Jarak antara kampus putra dan putri yang cukup jauh yakni 6 km menjadikan kurang maksimalnya kegiatan pembelajaran. b) Fasilitas fisik perlu ditambah karena jumlah siswa yang terus mengalami peningkatan. c) Fasilitas di pondok juga perlu ditambah terutama untuk kamar tidur, kamar mandi dan fasilitas makan. d) Perlu adanya koordinasi yang lebih baik antara sekolah dengan pondok. 3) Solusi dari hambatan dalam manajemen Boarding School di MAM Klaten : a) pembagian jadwal mengajar guru disesuaikan dengan jarak antara kampus 1 dengan kampus 2, b) Perencanaan penambahan ruang kelas telah direncanakan untuk tahun depan, c) Penambahan fasilitas di pondok telah direncanakan bersama dengan Yayasan dan sekolah. d) Koordinasi antara pihak sekolah dan pondok telah dijembatani oleh Yayasan, sehingga memungkinkan terjadinya koordinasi yang lebih baik. Kata kunci: Manajemen, boarding school dan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:52
Last Modified: 20 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3212

Actions (login required)

View Item View Item