MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KLATEN

Amri, Sholikhul and Dr., Imam Mujahid, M. Pd. (2018) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KLATEN. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SHOLIKHUL AMRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) budaya religius yang dikembangkan, (2) manajemen kepala sekolah dalam mengembangkan budaya religius, (3)Faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kepala sekolah dalam mengembangkan budaya religius. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Klaten. Waktu penelitian : Oktober – november 2017. Subjek penelitian adalah kepala sekolah. Informan penelitian: wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru dan peserta didik. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tekhnik keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model interaktif dengan pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian: (1) budaya religius di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Klaten: senyum, dan sapa, tadarus Al-Quran, sholat Dhuha, sholat dhuhur dan sholat ashar secara berjamaah, zakat infaq dan shodaqah, semangat menuntut ilmu, toleransi dan kepedulian sosial, (2) Manajemen kepala sekolah melalui: pada tahap perencanaan adalah menetapkan tujuan, menetapkan strategi, menetapkan kebijakan, menetapkan para penanggungjawab, menetapkan prosedur, menetapkan fasilitas dan pendanaan terkait pengembangan budaya religius. Pada tahap pengorganisasian adalah dengan penetapan struktur organisasi. Pada tahap pelaksanaan adalah : dilaksanakan oleh masing-masing bidang dan berjalan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Pada tahap pengawasan adalah: dilaksanakan oleh kepala sekolah dan masing-masing ketua kompetensi keahlian, dilaksanakan pada waktu pelaksanaan berlangsung dan pada tahap evaluasi adalah: dengan melakukan evaluasi secara total diakhir tahun pelajaran, (3) Faktor pendukung: input sumber daya manusia yang cukup baik, sarana dan prasarana yang memadai, Penghambat: minimnya pengetahuan tentang budaya religius, faktor budaya global dan tekhnologi dan faktor keteladanan. Kata kunci: Manajemen, Budaya Religius

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:52
Last Modified: 20 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3211

Actions (login required)

View Item View Item