MANAJEMEN PERSONALIA TATA USAHA DALAM PELAYANAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MLINJON KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Andasih, Sarining Sekar and Dr. Muh., Nashirudin, S.Ag, MA, M.Ag. (2018) MANAJEMEN PERSONALIA TATA USAHA DALAM PELAYANAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MLINJON KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
SARINING SEKAR ANDASIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan memperoleh informasi mengenai; (1) bentuk pelayanan ketatausahaan peserta didik, (2) pelaksanaan pelayanan ketatausahaan peserta didik, (3) kendala pelayanan ketatausahaan peserta didik, dan (4) solusi atas kendala pelayanan ketatausahaan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di MTs Negeri Mlinjon Klaten. Waktu penelitian dimulai bulan April s.d Mei 2018. Subyek penelitian ini adalah kepala tata usaha sekolah. Informan penelitian ini adalah petugas tata usaha sekolah, kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif meliputi: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: manajemen personalia tata usaha dalam pelayanan peserta didik meliputi: (1) bentuk pelayanan peserta didik berupa pelayanan data, pelayanan persuratan, pelayanan dokumentasi dan pelayanan informasi; (2) pelaksanaan pelayanan ketatausahaan peserta didik meliputi pelayanan pada saat penerimaan, pembinaan, evaluasi belajar, mutasi serta kelulusan dan pascakelulusan; (3) kendala pelayanan ketatausahan peserta didik menunjukkan bahwa terdapat empat kendala, meliputi kurangnya personalia tata usaha, kurangnya kesadaran pegawai terhadap tugas dan tanggung jawabnya, data siswa yang kurang lengkap dan tidak valid serta kurangnya informasi yang disampaikan kepada siswa; (4) solusi atas kendala pelayanan ketatausahaan meliputi: memberdayakan guru serta mengoptimalkan kemampuan petugas tata usaha sekolah, kepala tata usaha sekolah memantau dan membina langsung kinerja anggotanya, memperbaiki data siswa yang belum lengkap, dan mengoptimalkan Informasi dan Teknologi. Kata kunci : Manajemen, personalia tata usaha, pelayanan peserta didik

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:52
Last Modified: 20 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3210

Actions (login required)

View Item View Item