IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HUDA KECAMATAN JATINOM KABUPATENKLATEN

Marhaeningsih, Nunuk Sri and DR., Zainul Abas, M.Ag. (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HUDA KECAMATAN JATINOM KABUPATENKLATEN. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
NUNUK SRI MARHAERNINGSIH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan; (2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini adalah kualitatif bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Jatinom Klaten, dilaksanakan pada Bulan Oktober-November 2017. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah sedangkan informannya adalah guru madrasah, komite dan wali murid.Pengambilan data dengan dokumentasi, wawancara dan observasi. Untuk menguji keabsahan datamenggunakan triangulasi data. Analisis data dengan menggunakan model interaktif dari Milles and Huberman. Dari penelitian ini menghasilkan kesimpulan (1) Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MI Al-Huda yaitu pemilihan kepala madrasah ditunjuk oleh yayasan, keinginan masyarakat memasukkan putra-putrinya di MI Al-Huda,kehadiran wali murid dalam rapat atau pertemuan yang diselenggarakam madrasah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pendanaanmurni dari BOS (Bantuan Operasional Sekolah) Pusat,kualitas Pembelajaran dan lulusan madrasahcukup bagus.Guru melaksanakan kewajibannya seperti membuat perangkat pembelajaran yaitu prota, promes, silabus dan perangkat penilaian. Guru juga mempunyai daya kreatif seperti membuat tulisan berupa motivasi kepada anak, siswa meraih beberapa penghargaan dalam lombabeberapa kejuaraan. Ketertiban Stakeholders adanya data kepala madrasah yaitu perencanaan program meliputi merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan visi sekolah, merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan misi sekolah, merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan tujuan sekolah, membuat Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dan membuat perencanaan program induksi. Politicallwill pemerintah pada Sisdiknas memberikan pengaruh meningkatnya kemampuan guru baik dari segi keilmuan, administrasi pendidikan maupun dalam pengelolaan kelas.Sertifikasi guru menuntut guru harus mempersiapkan berbagai persyaratan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Selain itu guru juga harus menyelesaikan Sarjana jika bersertifikasi. (2) Faktor-faktor yang mendukung yaitu (a) Sebagian besar tenaga pendidiknya masih muda sehingga memungkinkan dapat ditingkatkan sumber daya manusianya;(b) Sebagian besar guru sudah memiliki ijazah sarjana sehingga pola pikir guru sudah maju dan mempunyai dasar didaktik keguruan;(c) Adanya kepercayaan masyarakat kepada madrasah sehingga memasukkan putra-putrinya Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda; (d) Adanya Group WhatsApp yang memudahkan komunikasi antara madrasah, wali murid dan masyarakat. Sedangkan, faktor-faktor penghambatnya yaitu (a) Keterbatasan kemampuan sebagian orang tua membantu anak belajar di rumah karena kurangnya pengetahuan orang tua;(b) Banyak kebutuhan sekolah yang tidak ada akun keuangan. Kata kunci : Manajemen berbasis madrasah

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:52
Last Modified: 20 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3209

Actions (login required)

View Item View Item