MANAJEMEN PEMBELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL AULAD JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Maftuhan, Maftuhan and Dr. Moh., Bisri, M.Pd (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL AULAD JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
MAFTUHAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang (1) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Emotional Spiritual Quotient (ESQ) di MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. (2) Hambatan dalam manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Emotional Spiritual Quotient (ESQ) di MI Tarbiyatul Aulad Jombor Tuntang Kabupaten Semarang. (3) solusi terhadap hambatan dalam manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Tarbiyatul Aulad Jombor Tuntang Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Seting penelitian dilakukan pada MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Subjek, guru MI Tarbiyatul Aulad Jombor. Informan, Kepala Madrasah, Siswa, dan Orangtua Siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumen. Keabsahan data dengan triangulasi metode pengumpulan data. Analisa data menggunakan model interaktif dimulai dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkap tentang Manajemen Pembelajaran PAI berbasis ESQ di MI Tarbiyatul Aulad Jombor dapat dideskripsikan dengan mencermati: (1) Manajemen Pembelajaran PAI Berbasiss ESQ antara lain: (a) Perencanaan pembelajaran yang meliputi: struktur kurikulum, silabus, prota, promes, tujuan pembelajaran, dan RPP. (b) Pengorganisasian pembelajaran meliputi: pengembangan PAI ke dalam sub mata pelajaran, pembagian tugas mengajar, alokasi waktu belajar efektif, dan menentukan model pembelajaran. (c) Pelaksanaan pembelajaran meliputi: kegiatan awal (pra instruksional), kegiatan inti (penyajian materi ajar, pendekatan, metode, strategi pembelajaran dan alat/media pembelajaran) kegiatan penutup (tanya jawab, muhasabah dan kesimpulan) dan kegiatan pengembangan diri (kokurikuler: tadarus al-Qur’an, ṣalat Ḍuḥa, ṣalat Ḍuḥur dan ekstrakurikuler: seni baca al-Qur’an, tari tradisional, seni irama rebana, drumband dan olahraga). (d) Pengawasan pembelajaran: evaluasi hasil belajar dan evaluasi proses pembelajaran. (2) Hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis ESQ antara lain: kompetensi paedagogik yang lemah pada guru, perilaku guru belum menjadi teladan yang baik, komunikasi guru dengan orangtua belum bersinergi, dan kegiatan pengembangan diri masih berorientasi pada prestasi non-akademik. (3) Solusi mengatasi hambatan dalam pembelajaran PAI berbasis ESQ di MI Tarbiyatul Aulad Jombor antara lain: meningkatkan kualitas kompetensi paedagogik pada guru, optimalisasi peran guru sebagai pendidik, meningkatkan intensitas komunikasi guru dengan orangtua, dan reorientasi kegiatan pengembangan diri sebagai upaya pembentukan karakter siswa. Kata Kunci: Manajemen pembelajaran, Emotional Spiritual Quotient (ESQ)

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:52
Last Modified: 20 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3206

Actions (login required)

View Item View Item