PENGELOLAAN BUDAYA ISLAMI DI SEKOLAH DALAM UPAYA MEMBENTUK KARAKTER SISWA SDIT HIDAYATURRAHMAN SRAGEN

Munir, Habib Misbahul and Dr. H., Giyoto, M. Hum. (2018) PENGELOLAAN BUDAYA ISLAMI DI SEKOLAH DALAM UPAYA MEMBENTUK KARAKTER SISWA SDIT HIDAYATURRAHMAN SRAGEN. skripsi thesis, IAIN Surakarta.

[img]
Preview
Text
HABIB MISBAHUL MUNIR.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengelolaan budaya islami dalam upaya membentuk karakter siswa di SDIT Hidayaturrahman Sragen. 2) Hambatan pengelolaan budaya islami di sekolah dalam upaya membentuk karakter siswa di SDIT Hidayaturrahman Sragen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, sedangkan sebagai infromannya meliputi; wakil kepala, guru, siswa dan tokoh masyarakat di lingkungan sekolah.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode pengamatan atau observasi & metode wawancara.Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber.Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi (menarik kesimpulan). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Budaya islami yang dikelola melalui kegiatan-kegiatan keagamaan di sekolah yang sifatnya insidental maupun rutinitas, dapat membentuk karakter siswa.Kegiatan insidental misalnya, peringatan maulid nabi, idul adha, pesantren kilat dan lain sebagainnya. Kegiatan rutinitas seperti shalat dhuha berjama`ah setiap pagi sebelum masuk ke dalam kelas, sholat dhuhur berjama`ah, menghafal ayat-ayat dalam Al Qur`an dan hadist-hadist pilihan, doa bersama ketika akan memulai maupun ketika selesai kegiatan belajar mengajar. Selain hal tersebut dengan adanya standar operasional prosedur (SOP) yang tertempel di berbagai tempat sesuai dengan kegiatan masing-masing, dapat lebih mengatur siswa dalam rangka membentuk karakter. 2) Hambatan pengelolaan budaya islami dalam membentuk karakter siswa ada 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal antara lain minimnya sarana dan prasarana, terbatasnya dukungan pendanaan untuk melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan, serta kebijakan dalam pembiasaan yang harus terus dibenahi.Adapun faktor eksternalnya yaitu dampak negatif dari arus globalisasi dan kecanggihan teknologi, minimnya dukungan orang tua untuk terus mengawal anak dalam pembentukan karakter ketika di rumah dan pengaruh lingkungan di masyarakat. Kata kunci : budaya islami, karakter siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: 2x Islam > 2x7 Filsafat dan Perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maha siswa
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:52
Last Modified: 20 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item View Item